Analisis Kepuasan Workshop Guru Penggerak Online di Trenggalek: Mengoptimalkan Keterampilan Penerbitan Ilmiah
Abstract
Banyak guru kini terdorong oleh kewajiban menerbitkan karya ilmiah untuk memperjuangkan kenaikan pangkat, khususnya di Trenggalek. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan sebagai solusi atas permasalahan tersebut oleh mitra yang telah terbukti efektif dalam memberikan pelatihan penulisan artikel ilmiah/akademik kepada para pendidik guru khususnya di Kabupaten Trenggalek. PKM ini akan meningkatkan keterampilan maupun kemampuan para guru penggerak agar semakin terlihat dan akan berdampak positif langsung terhadap peningkatan kualitas pengajar di Provinsi Trenggalek khususnya penulisan ilmiah.
Currently, especially in Trenggalek province, many motivated teachers need help to get promoted due to the obligation to publish academic papers. These findings reveal that teachers lack the knowledge and competence to prepare for scientific work. This community service activity was carried out as a solution to the problem of partners who have proven effective in providing training in writing scientific articles for teacher educators, especially in the Trenggalek Regency. This PKM will make the achievements of driving instructors more visible and will positively impact improving the quality of instructors in Trenggalek, especially in scientific writing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adib, M. A. (2022). Transformasi keilmuan dan pendidikan agama islam yang ideal di abad-21 perspektif rahmah el yunusiyah. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(2), 562–576. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.276
Afriansyah, E. A., Sofyan, D., Puspitasari, N., Luritawaty, I. P., Sundayana, R., Maryati, I., Noordyana, M. A., & Basuki. (2020). Pelatihan media e-learning edmodo untuk optimalisasi pembelajaran. Jurnal Pekemas: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 33–39.
Ambarita, J., & Yuniati, E. (2022). Pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi guru dengan metode syncronous dan asyncronous. Wawasasan, 3, 64–82.
Akhwani, A., & Rahayu, D. W. (2019). Analisis komponen TPACK guru SD sebagai kerangka kompetensi guru profesional di abad 21. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Amelia, R., Priatmoko, S., & Sugiri, W. A. (2021). Kesulitan guru sekolah dasar dalam mengembangkan desain pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 198. https://doi.org/10.30651/else.v5i2.8652
Anggraini, O. (2012). IbDM bagi penguatan kelompok sadar wisata dalam destination branding desa wisata di kabupaten bantul. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdi Laksana, 1(1), 84–89.
Arifin, B. (2018). Meningkatkan mutu pendidikan melalui manajemen peserta didik. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 9(2), 1–20. https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i2.115
Arono, A., & Arsyad, S. (2020). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagian abstrak dan pendahuluan model induktif partisipatif pada guru SMA/SMK/MA dan dosen bahasa di lubuk linggau dalam peningkatan profesionalitas. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 167–184. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.365
Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya literasi teknologi informasi dan komunikasi bagi guru sekolah dasar untuk menyiapkan generasi milenial. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(2018), 113–120.
Azmi, S., Sripatmi, Subariah, S., Amrullah, & Turmuzi, M. (2019). Pelatihan Pembuatan alat peraga pembelajaran matematika untuk meningkatkan profesionalisme guru-guru SD gugus II ampenan utara. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 427–432.
Dewi, R. M., Sholikhah, N., Ghofur, M. A., & Soejoto, A. (2020). Pelatihan game edukasi android berbasis HOTS sebagai media evaluasi pembelajaran. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.26740/abi.v1i1.6791
Dwijayanti, R., Marlena, N., & Patrikha, F. D. (2017). Pelatihan penulisan karya tulis (KTI) bagi guru-guru SMK di kabupaten jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249–266. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.2.07
Ernaliana, E., & Rasidi, M. A. (2021). Standar kualitas pendidikan dasar di nigeria: Studi kepustakaan. El Midad, 13(1), 41–49. https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i1.3456
Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Academy of Education Journal, 12(2), 254–261. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.447
Hidayat, N. (2019). Penyuluhan kesehatan tentang asam urat pada lansia di dusun balong kabupaten sleman. DIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.47317/dmk.v1i1.146
Isjoni, I., Bunari, B., & Yuliantoro, Y. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah pada jurnal nasional bagi guru SMA sederajat di kabupaten rokan hilir provinsi riau. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(2), 252. https://doi.org/10.33394/jpu.v2i2.4159
Kurniawan, G. F. (2020). Problematika pembelajaran sejarah dengan sistem daring. Diakronika, 20(2), 76. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol20-iss2/148
Kurniawan, R. Y., Prakoso, A. F., Hakim, L., Dewi, R. M., & Widayanti, I. (2017). Pemberian pelatihan analisis butir soal bagi guru di kabupaten jombang : Efektif? Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 179–193.
https://doi.org/10.21009/jpmm.001.2.03
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di indonesia dan solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Kusumawati, H., Wachidah, L. R., & & Cindi, D. T. (2021). Dampak literasi digital terhadap peningkatan keprofesionalan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 155–164.
Lathifah, S. S., Munandar, R. R., & Situmorang, B. H. (2020). Pemberdayaan guru biologi se kabupaten bogor untuk meningkatkan budaya menulis artikel ilmiah melalui blanded learning. Prosiding Senantias, 1(1), 1077–1088.
Lestari, P. (2019). Peran guru dalam pendidikan karakter siswa melalui budaya literasi. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan, 543–554.
Mahendra, G. S., Gede, P., & Cipta Nugraha, S. (2021). Pelatihan perangkat desa dalam penggunaan sistem pengaduan online berbasis web (ec-resolver) untuk menuju desa digital. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 918–929.
Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F. D., Parjono, P., & Sudarwanto, T. (2018). Penyegaran kemampuan guru dalam merancang media pembelajaran melalui aplikasi powtoon dan screencast o matic. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 2(2), 204–223. https://doi.org/10.21009/jpmm.002.2.04
Mawardi, M., Kristin, F., Anugraheni, I., & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan pelatihan partisipatif pada kegiatan penulisan dan publikasi karya ilmiah bagi guru SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 132–137. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p132-137
Napitupulu, S., Sirait, J., Manurung, S., Manalu, D. B., Sitompul, S., Parmonangan, O., Sibagariang, S. A., & Marulitua, H. (2022). Sosialisasi peningkatan professional pendidik melalui penelitian tindakan kelas ( ptk ) bagi guru guru SMA / SMK swasta HKBP pangururan kabupaten. Wadah Ilmiah Penelitian Pengabdian untuk Nommensen, 1, 43–49.
Nikmah, C., Pahlevi, T., Puspasari, D., Puspasari, D., & Susilowibowo, J. (2019). Pendampingan pembuatan bahan ajar berbasis kurikulum 2013 bagi guru administrasi perkantoran. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 102–112.
Permatasari1, M. P., & Endriastuti, A. (2020). Pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran bagi UMKM di kecamatan kedungpring, kabupaten lamongan, jawa timur. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(1), 91. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i1.2020.91-99
Prahani, B. K., Tsuroyya, T., Kohar, A. W., & Setiawan, S. (2020). Workshop penulisan artikel ilmiah moda daring bagi guru sma kota surabaya pada masa pandemi COVID-19. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 109–118.
https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.358
Prasetyo, R. A., & Andriani, A. (2021). Proses pembelajaran daring menggunakan media aplikasi google meet terhadap keaktifan peserta didik kelas IV SD negeri 2 pliken kembaran banyumas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 389–399. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3490
Pratiwi, S. R., Nainggolan, Y. T., & Cahyaningrum, W. (2022). Pelatihan penulisan dan penulisan artikel ilmiah bagi guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(4), 167–178. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i4.824
Priyatmoko, S. (2018). Memperkuat eksistensi pendidikan islamdi era 4.0. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 1–19.
Puspasari, D. (2022). Pelatihan pengembangan bahan ajar interaktif guru-guru di SMK tunas wijaya surabaya. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 3, 57–70.
Rafsanjani, M. A., Hakim, L., Wahjudi, E., Listiadi, A., & Rohayati, S. (2020). Enhancing the teachers ability to prepare class action research (CAR) proposals through intensive training using œsmart way form. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(1), 46–58. https://doi.org/10.26740/abi.v1i1.6355
Rahayu, S., & Sari, F. P. (2021). Peningkatan kemampuan analisa data tugas akhir mahasiswa melalui pelatihan program SMARTPLS. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(6), 5–12.
Rahyasih, Y., & Hartini, N. (2020). Pengembangan keprofesian berkelanjutan : sebuah analisis kebutuhan pelatihan karya tulis ilmiah bagi guru sustainability professional development : A scientific paper training need analysis for teachers. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(April), 136–144.
Safarah, A. A., & Wibowo, U. B. (2018). Program zonasi di sekolah dasar sebagai upaya pemerataan kualitas pendidikan di indonesia. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(2), 206. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i6
Sholikhah, N., Soejoto, A., Ghofur, M. A., Dewi, R. M., & Fitrayati, D. (2021). Upaya peningkatan keterampilan penulisan dan publikasi artikel ilmiah melalui pelatihan bagi guru mgmp ekonomi SMA se-gerbang kertosusilo. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 382–387. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i3.3394
Simanjuntak, J. M., Syaefuddin Sa’ud, U., Komariah, A., Prodi, P., Agama, K., Sekolah, T., Teologi, K., & Bandung, I. (2019). Model pelatihan berbasis produk untuk meningkatkan kinerja penelitian dan publikasi karya ilmiah. Jurnal Jaffray, 17(1), 107–122. https://doi.org/10.25278/jj.v17i1.291
Sofwan, M., Alirmansyah, A., & Pratama, R. (2020). Workshop penyusunan proposal, pelaksanaan, dan laporan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) bagi Guru di SD Negeri No.10/IV Kota Jambi. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(4), 181–187.
Sofyan, H., Suyanto, W., Budiman, A., Siswanto, I., & Gumelar, A. (2019). Metode dan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penulisan karya ilmiah guru-guru SMK. Pelatihan PTK Dengan Variasi Metode Dan Media Pembelajaran, 2(November), 11–22.
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis kemampuan TPACK (technolgical, pedagogical, and content, knowledge) guru biologi sma dalam menyusun perangkat pembelajaran materi sistem peredaran darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381
Syaputra, J., Syihabuddin, S., Damaianti, V., & Sastromiharjo, A. (2022). Menulis karya ilmiah dan literasi publikasi guru di manokwari 1. Buletin Edukasi Indonesia, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.56741/bei.v1i02.88
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Tri Yunarni, B. R., Indra Ningsih, N. H., & Iswanto, D. (2020). Pelatihan manajemen keuangan bagi pelaku ukm di tengah pandemik COVID-19. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 391. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3199
Utami, S. (2019). Meningkatkan mutu pendidikan Indonesia melalui peningkatan kualitas personal, profesional, dan strategi rekrutmen guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 518–527.
Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Pelatihan dan pendampingan penulisan artikel jurnal bagi guru-guru IPS kabupaten malang. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(1), 40–47.
Waluyo, W., & Sukatiman, S. (2021). Peningkatan minat guru pada perencanaan penelitian tindakan kelas Berkarakter Pembelajaran Abad-21. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 359–380. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.961
Widodo, A., Rosyidah, A. N. K., Ermiana, I., Anar, A. P., Haryati, L. F., & Novitasari, S. (2021). Analisis kesulitan guru SD di lombok utara dalam penyusunan karya ilmiah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3), 205–212. https://doi.org/10.30998/sap.v5i3.7692
Wulandari, M. R., & Iriani, A. (2018). Pengembangan modul pelatihan pedagogical content knowledge (PCK) dalam meningkatkan kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru matematika SMP. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 177–189. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p177-189
Yasa, I. N. (2019). Peran dan upaya pengembangan literasi informasi perpustakaan sekolah pada era disrupsi1. Acarya Pustaka, 5(2), 1. https://doi.org/10.23887/ap.v5i2.17410
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6446
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |