Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Memajukan Hasil Belajar Wirausaha Kerajinan dengan Inspirasi Objek Budaya Lokal
Abstract
Tujuan dari penelitian ini: (1) agar tahu bagaimana guru dalam menggunakan model berbasis proyek. (2) agar tahu bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (3) Untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan quasi ekaperimen kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, pilihan ganda. pengambilan sampel Non-Rendomized Control-GroupPretesr-Posttest dengan jumlah sampel 63 Hasil penelitian menunjukkan: (1) guru dalam menerapkan dengan sangat baik. (2) hasil belajar pserta didk sebelum dan sesudah memakai model pembalajaran berbasis projek sebelum menggunakan model pembelajar berbesis projek pada kelas eksperimen memiliki skor tertinggi sebesar 16% dengan kategori baik, dan skor terendah 56% dengan kategori rendah, kelas kontrol mendaparkan skor tertinggi 10% katagori amat baik dan skor terendah sebesar 10% katagori amat rendah. Setelah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek kelas eksperimen mendapatkan skor tertinggi sebesar 50% dengan kategori baik, nilai afektif mendapatkan skor sebesar 47% katagori amat baik, psikomotorik mendapatkan skor 56% amat baik. Kelas kontrol mendapatkan skor sebesar 35% dengan kategori sedang, afektif mendapatkan skor sebesar 52% dengan kategori sedang, psikomotorik mendapatkan skor sebesar 54% dengan kategori sedang. (3) terdapat berubahan hasil belajar yang belum dan yang sudah memakai pembelajaran projek dengan kenaikan 34,16%. sehingga kesimpulannnya model pembelajarn projec based leaning dapat menirgkatkan hasil belajar pelajar dengan hasil uji independent-test nilai thitng sebesar 4,862 dan ttabel sebesar 1,670 (thitng > ttebel) pada taraf kesalahan 5% sigrifikan sebesar 0,0000 < 0,05 Ha diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Tabani, T. I. B. (2015). Mendesain Model-model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: PT Karisma Putra Utama.
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Daryanto. (2016). Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.
Fathurrohman, M. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Jihad, A. & Haris, A. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Mardiana, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Implus dan Momentum. (Skripsi) http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/37816/1/RANI%20MARDIANA-FITK.pdf.
Priyanto, D. (2014). SPSS 22 pengelola data terpraktis. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alvabeta.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Triani, W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi. (Skripsi). https://media.neliti.com/media/publications/249604-pengaruh-model-pembelajaran-project-base-85a68037.pdf.
DOI: https://doi.org/10.20527/jee.v1i1.2232
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Managed by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kecamatan Banjarmasin Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia, 70123
Journal License:
Journal of Economics Education and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License