Efektivitas Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik pada Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Nahdlatul Ulama Banjarmasin

Nurmaya Sari, Rizali Hadi, Melly Agustina Permatasari

Abstract


Penelitian yang  ini ialah agar mengetahui pengaruh prakerin dan motivasi kepada kesiapan kerja. Metode penelitian yang ini memakai metode deskriptif kuantitatif dengan sampel terdiri dari 79 siswa tahun ajaran 2016-2017 yang sedang magang atau melakukan prakerin pada program keahlian akuntansi. Sementara itu untuk Instrumen penelitian menggunakan angket dengan uji validitas sebanyak 33 butir soal. Pengaruh antara perbandingan pengalaman prakerin terhadap kesiapan kerja ditunjukkan oleh regressi koefisien Ry1,2,3,4 = 0,666 (p<0,01) dengan determinasi 44,00% dan didapati hubungan signifikansi dengan nilai korelasi koefisien rxy=0,66 (p<0.01). Pengaruh antara perbandingan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja ditunjukkan oleh regressi koefisien Ry1,2,3,4,5 = 0,474 (p<0,01) dengan determinasi 22,00% dan terdapat hubungan yang signifikansi senilai korelasi koefisien rxy=0,40 (p<0.01). Setelah dilakukan pengendalian variabel lain, diperoleh koefisien  korelasi parsial terdapat tidak signifikansi diantara kedua variabel pada kesiapan kerja. Maka hal ini berarti bahwa kesiapan kerja tidak hanya ditentukan oleh kedua variabel tersebut, melainkan bahwa variabel tersebut saling menunjang.

 

Kata Kunci: Prakerin, Motivasi, Kesiapan Kerja


Full Text:

PDF

References


Fitriyani, M., Dkk. 2014. Upaya Peningkatan Kesiapan Kerja Peserta Didik Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Karanganyar (Studi Kasus Di Smk Negeri 1 Karanganyar. Jurnal Jupe UNS, Vol 2, No 2, Hal 97 S/D 108.

Sukmadinata, N,S., (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Anoraga P. (2014). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : CV Rajawali.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sofyan dan Herminarto. (2004). Teori Motivasi dan Aplikasinya dalam Penelitian. Gorontalo.

Sugihartono. et al. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Surokim. (2016). Pengaruh Pengalaman Praktek Kerja Lapangan Dan Kepercayaan Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Smk Negeri 15 Samarinda. Jurnal Psikoborneo, Volume 4, Nomor 3, Hal 565 – 573

Suwignyo, Joko. 2014. Pengaruh Praktek Kerja Industri ( Prakerind ) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Teknik Otomotif Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 10 Semarang. Jurnal FPTK IKIP Vol : XXI, No : 1, Hal 65 S/D 73

Yanuar Mipalas Valid & Abdullah Taman. 2012. Pengaruh Pengalaman Praktik Industri Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xi Program Keahlian Akuntansi Smk Ypkk 2 Sleman Yogyakarta. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol 2, No 1, hal 161 – 183.




DOI: https://doi.org/10.20527/jee.v1i2.2426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JEE has been Accredited by:


JEE has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

 

 

 

 

 

Managed by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kecamatan Banjarmasin Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia, 70123

  

Journal License:


Journal of Economics Education and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License