Efektifitas Pengelolaan Zakat, Infaq dan Shodaqoh oleh Kantor Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Hulu Sungai Utara

Mahrini Mahrini, Muhammad Riduansyah Syafari, Hastin Umi Anisah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh oleh kantor Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data diambil melalui penarikan sampel secara purposive sampling dengan menggunakan uji kredibilitas data yaitu perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian yaitu kejelasan tujuan mereka dalam pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh oleh kantor Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Hulu Sungai Utara sudah tercantum dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat. Filosofi dan sistem nilai tentang mengapa organisasi ini dibentuk, dasar pemikiran dan apa yang ingin dicapai dalam pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh ini yaitu ingin membantu penanggulangan kemiskinan. Komposisi dan struktur organisasi dari pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh ini sudah diatur dalam tugas pokok dan fungsi dari masing-masing bagian yang berwenang. Teknologi organisasi sudah digunakan dalam kegiatan pengeolaan zakat, infaq dan shodaqoh, salah satunya penggunaan media sosial facebook yang diperuntukkan sebagai sarana publikasi kegiatan yang dilakukan oleh kantor Badan Amil Zakat Nasional. Lingkungan organisasi, masih kurang mendukung dikarenakan bangunan yang dipergunakan sekarang merupakan pinjaman dari Pemerintah Daerah setempat dengan kondisi bangunan yang cukup tua dan kecil, serta berada diperempatan jalan yang cukup padat dan tidak memiliki area parkir. Saran kepada pihak Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Hulu Sungai Utara diupayakan untuk terus meningkatkan sumber daya manusia yang handal untuk memajukan sistem pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh. Memberikan informasi kepada masyarakat tentang fungsi Badan Amil Zakat Nasional dan cara kerjanya. Serta berusaha untuk meningkatkan partisifasi masyarakat dalam pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh pada Badan Amil Zakat Nasional. Kepada Masyarakat, dihimbau supaya ikut serta dalam kelancaran program dengan cara ikut menyalurkan zakatnya kepada badan Amil ini.

 


References


Adya Barata, A. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. PT. Gramedia Pustaka.

BAZNAS. (n.d.). SOP BAZNAS Kabupaten Hulu Sungai Utara.

BAZNAS. (2020). Tugas Pokok dan Fungsi Baznas HSU. Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Bharata, M. (2004). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Elex Media Komputindo.

Fuad Abdul Baqi, M. (2010). Hadits Shahih Bukhari. Insan Kamil.

Hamidi, I., & Latif, A. (2019). The effectivities of zakat productive funds toward zakat recipient income in Palembang َّ ا ه َ ن ُ َ ل ا َ ن ج ْ َ أ ا م ْ َ أ او ُ ن م ْ م َ ا م ْ س َ ن م ُّ َ أ ا ي ْ ر ِ ا ب ِ م ِ و ِ او ُ ق ف ِ ن َّ م َ ي ْ ك ْ ُ ت ب َ خ َ ت ِ ط َ آ َ ني ِ ذ لا َ ي َ م ْ م ْ ُ ت ن َ أ ل َ ْ ُ ت ه ن ْ م َ و َ ِ ب خ َ لااو او م ْ ا و ْ َ ل و ِ ي ِ فاو ض ُ م ِ غ ِ ي ِ ذ خآ ِ ِ ب م ِ ن ِ ثي ْ َ ل ْ ا ُ َ ل ع ُ م ْ ُ ت س َ ۖ ه َ ۖ ض دي م ِ ح َ ي ِ ن غ. 17(June), 24–30.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media.

Indonesia. (n.d.). Keputusan Dirjen BIMAS ISLAM Nomor DJ.II37 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Keputusan Dirjen BIMAS ISLAM Nomor DJ.II568 Tahun 2014 tentang Pembentukan Badan Amil Zakat Nasional KabupatenKota Se-Indonesia.pdf.

Indonesia. (2011). Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011.

Irfan Nasution, M. (2019). The Utilization of Zakah Productive towards Micro-Business Growth and Mustahik Welfare. 20(1), 1–11. https://doi.org/10.23917/jep.v20i1.6576

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent. PT. Raja Grafindo Persada.

Kementerian Agama. (2010). Al-Qur’an. In Kementerian Agama. PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Kementerian Agama. (2012a). Manajemen Pengelolaan Zakat. Kementerian Agama RI.

Kementerian Agama. (2012b). Membangun Peradaban Zakat. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Makmur. (2015). Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Aditama.

Mukhibad, H., & Nurkhin, A. (2019). DETERMINANTS OF THE INTENTION OF MUZAKKI TO PAY PROFESSIONAL ZAKAT. 6239, 45–67. https://doi.org/10.22373/share.v8i1.4573

Riduwan. (2009). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Erlangga.

Saidurrahman. (2013). THE POLITICS OF ZAKAT MANAGEMENT IN INDONESIA The Tension Between BAZ and LAZ Saidurrahman. 07(02), 366–382.

Sinambela. (2006). Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksara.

Steers, R. M. (1980). Efektivitas Organisasi. Erlangga.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfa Beta.

Sujarweni, W. V. (2014). Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Pers.

Wahyuni, I. N. (2016). The efficiency of national zakat organizations management using data envelopment analysis. 2(1), 1–10. https://doi.org/10.20885/jielariba.vol2.iss1.art1




DOI: https://doi.org/10.20527/jpp.v3i2.4326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

 

 

Web Analytics

Flag Counter