HUBUNGAN KESADARAN DIRI DENGAN FLOW AKADEMIK PADA SISWA DI DAERAH LAHAN GAMBUT

Jayanti Puji Astuti, Marina Dwi Mayangsari, Rika Vira Zwagery

Abstract


Sekolah yang berada di lahan gambut akan mengalami dampak lingkungan seperti banjir maupun kabut asap yang kemungkinan akan berdampak pada menuruunnya konsentrasi dan antusiasme siswa dalam mengikuti proses belajar. Seorang siswa diharapkan memiliki kesadaran diri agar dapat mengalami perasaan flow ketika belajar dikelas walaupun dalam keadaan lingkungan yang kurang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesadaran diri dengan flow akademik pada siswa di daerah lahan gambut. Respon dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 1 Gambut sebanyak 232 siswa dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert dengan empat pilihan respon yang terdiri dari skala kesadaran diri dan skala flow akademik. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment dari Karl Person. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara kesadaran diri dengan flow akademik pada siswa di lahan gambut memiliki korelasi 0,588 (p < 0,05). Nilai ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan dengan kategori sedang dan positif antara kedua variabel, artinya semakin tinggi kesadaran diri maka semakin tinggi flow akademik, sebaliknya semakin rendah flow akademik maka semakin rendah pula kesadaran diri. Sumbangan efektif untuk kesadaran diri terhadap flow akademik sebesar 34,6% sedangkan 65,4% sisanya  adalah sumbangan dari variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Csikzentmihalyi, M. (2014). Application of flow in human development and education. New York, London: Springer Dordrecht Heidelberg. [Adobe Digital Edition] Doi: 10.1007/978-94- 017-9094-9.

Goleman, Daniel. (2011). Emotional Intelligence: Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Maharani L, Mustika M. (2016). Hubungan self awareness dengan kedisiplinan peserta didik kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung (penelitian korelasional bidang BK pribadi). Jurnal Bimbingan dan Konseling. 3(1). 17-31. http://ejournal.raderintan. ac.id/index.php/konseli/a rticle/download/555/447

Malikah. (2013). Kesadaran Diri Proses Pembentukan Karakter Islam. Jurnal Al-Ulum.13(1). https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/art icle/view/184

Marjuni. Sri, C.W. Simon. Sadok, S.(2015). Identifikasi litologi bawah pemukiman dengan metode geolistik pada jalan trans kalimantan yang melewati daerah rawa dikabupaten banjar kalimantan selatan. Jurnal Fisika FLUX. 12(1). 53-62.https://ppjp.ulm.ac.id/jpurnal/index.phpif/article/v iew/1305

Marwaha, S. (2015). Analysis of emotional quotient and intelligence quotient among “high achievers” and “low performance” in school academics. Internationl Journal of Home Science. 1 (2), 26-31. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/shruti_Marw aha3/publication/316622 710

Nihayatus, Sangadah. (2017). Hubungan antara kesadaran diri dengan kedisiplinan dan motivasi berprestasi siswa serta implikasinya terhadap bimbingan belajar (Studi pada siswa MAN 1 Magelang). (Tesisdipublikasikan).niversitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2889 2

Novrianty., Nirwana, P. Novianthy. (2018). Sosialisasi Pencegahan Lahan di Gambut Daerah Bereng Bengkel Kota Palangka Raya. Journal Umpalangkaraya Pengabdianmu. 3(2). 145-151. https://www.google.com/ amp/s/www.researchgate.net/ publication/329215718_Sosialisasi_Pencegahan_Kebakaran_di_Lahan_Gambut_Daerah_Bereng_Bengkel_Kota_Palangka_Raya/amp#ampshare

Purwanti, E., & Akmaliyah M. (2016). Hubungan antara self efficacy dengan flow akademik pada siswa akselerasi SMPN 1 Sidoarjo, Psympathic, jurnal ilmiah Psikologi. 3 (2)249-260.

https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/psy/article/viewFile/1113/822

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuwanto, Listyo (Ed). (2013) The nature of flow. Surabaya : Universitas Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v2i2.1659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jayanti Puji Astuti, Marina Dwi Mayangsari, Rika Vira Zwagery

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.