POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK

Atik Cimi, Neka Erlyani, Devi Rahmayanti

Abstract


ABSTRAK

Kepercayaan diri adalah keyakinan seseorang akan kemampuan yang dimiliki untuk menampilkan perilaku tertentu atau mencapai target tertentu. Kepercayaan diri anak dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satuya adalah pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri anak di Taman Kanak-Kanak Putra 1 Banjarbaru. Penelitian ini merupakan penelitian deskrpitif analitik menggunakan pendekatan Cross-sectional. Skala kepercayaan diri anak dan angket pola asuh orang tua diberikan kepada 40 orang tua yang mempunyai anak di Taman Kanak-Kanak Putra 1 Banjarbaru. Teknik pengolahan data menggunakan uji Chi square. Hasil analisa univariat diperoleh data 35 anak (87,5%)  mendapatkan pola asuh otoriter yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah. Hasil perhitungan Chi square diperoleh p value = 0,125 > α = 0,05, maka tidak terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri anak di Taman Kanak-Kanak Putra 1 Banjarbaru. Kesimpulan penelitian ini adalah pola asuh yang diterapkan orang tua bukan menjadi faktor utama yang  mempengaruhi kepercayaan diri anak. Saran hasil penelitian ini dapat memberikan informasi kepada orang tua tentang pengasuhan anak.

 

Kata kunci : anak usia prasekolah, kepercayaan diri anak, pola asuh orang tua

 

 

 

ABSTRACT

 

Self-confidence is one’s belief in his own ability to perform a specific behavior or to achieve a certain target. Self-confidence is influenced by many factors, and one of them is parenting styles. This study aimed to find out the relationship between parenting styles and children’s self-confidence at Taman Kanak-Kanak Putra 1 Banjarbaru. This research was a descriptive analysis by Cross-sectional approach. The scale of children’s self-confidence and the survey of parenting styles were given to 40 parents whose children studying at Taman Kanak-Kanak Putra 1 Banjarbaru. The data processing technique was a statistical Chi square test. The result of univariate analysis indicated that 35 children (87.5%) getting authoritarian parenting styles had the low level of self-confidence. The calculation of Chi square showed that p value = 0.125 > α = 0.05; therefore, there was no relationship between parenting styles and children’s self-confidence. In conclusion, the parenting styles would not prominent factor influenced children’s self-confidence. Suggestions results of this research can provide information to parents about parenting.

 

Keywords : children’s self-confidence, parenting style, pre-school age children

Full Text:

PDF

References


Adywibowo I P. Memperkuat kepercayaan diri anak melalui percakapan referensial. Jurnal Pendidikan Penabur 2010; 12 (15): 40.

Anwar S. Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Dwairy M. Parenting styles and mental health of Arab gifted adolescents. Journal Gigted Child Quarterly 2004; 48 (4): 278.

Hasinuddin M, Fitriah. Modul anticipatory guidance terhadap perubahan pola asuh orang tua yang otoriter dalam stimulasi perkembangan anak. STIKES Ngudia Husada Madura, Poltekkes Surabaya Prodi Kebidanan Bangkalan, 2010.

Lian T C, Fatimah Y. The effects of family functioning on self-esteem of children. European Journal of Social Sciences 2009; 9 (4): 643.

Martinez I, Jose F G, and Santiago Y. Parenting styles and adolescents’ self-esteem in Brazil. Psychological Reports 2007;100:470.

Masithah T, Soekirman, dan Drajat M. Hubungan pola asuh makan dan kesehatan dengan derajat status gizi anak batita di desa Mulya Harja. Media Gizi dan Keluarga, Desember 2005; 29 (2): 29-39.

Masruroh A. Hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan rasa percaya diri siswa-siswi di Taman Kanak-Kanak primagama kota Malang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2009.

Putri A D R. Hubungan antara kecenderungan pola asuh demokratis ayah dengan kepercayaan diri pada remaja. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010.

Setianingsih D. Perbedaan kedisiplinan belajar siswa ditinjau dari pola asuh orang tua. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2007.

Subekti H, Ursula A R, dan Ema M. Hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta. JIK 2008; 5 (3):128.

Suhardita K. Efektivitas penggunaan teknik permainan dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan percaya diri siswa. Edisi Khusus 2011; 8 (1):127.

Supartini Yupi. Buku ajar konsep dasar keperawatan anak. Jakarta. EGC. 2004.

Suparyanto. http://dr-suparyanto.blogspot.com/2010/07/konsep-pola-asuh-anak.html. Diakses 11 April 2012.

Taganing N M, Fini F. Hubungan pola asuh otoriter dengan perilaku agresif pada remaja. Jurnal psikologi 2008; 4 (1): 20-28.

Teviana F, Maria A Y. Pola asuh orang tua terhadap tingkat kreativitas anak. Jurnal Stikes 2012; 5 (1): 56.

Triyadi. Pengaruh bimbingan pribadi terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP 1 Kandangserang Pekalongan tahun pelajaran 2010/2011. Skripsi. Semarang: Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/dk.v1i1.1654

Article Metrics

Abstract view : 1114 times
PDF - 8389 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

  

   

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

freehit counter

View Dunia Keperawatan Stats