PROGRAM BIMBINGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA DAN AUTIS MELALUI TERAPI BERMAIN UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU ADAPTIF DI SLB NEGERI UNGARAN

Eka Adimayanti, Dewi Siyamti

Abstract


 

Kemampuan anak yang berlebutuhan khusus berbeda dengan anak yang normal, di satu sisi, anak luar biasa harus dapat mandiri, beradaptasi dan bersaing dengan orang normal, di sisi lain ia tidak secara otomais dapat melakukan aktifitas.   Setiap anak yang memiliki karakteristik, kelebihan, kekurangan serta tingkat kemampuan dan tingkat kecacatan yang bervariatif maka pengajaran individualisasi sangat efektif. Bisa disimpulkan bahwa anak yang berkebutuhan khusus membutuhkan pendampingan khusus untuk belajar. Melalui bermain anak dapat mengeksplorasi semua  kemampuan yang dimilikinya. Sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Mahyudin, MJ (2016). Bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran program bimbingan melalui terapi bermain pada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Ungaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dengan metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada pelaksanaannya terdapat kategorisasi secara kuantitatif, dan disimpulkan dengan deskripsi kualitatif.. Seleksi responden yang memenuhi kriteria inklusi, yaitu anak tunagrahita dan anak Autis usia 4 tahun-11 tahun. Hasil dari penelitian ini terdapat gambaran peningkatan kemampuan adaptif siswa pada self help general, self eating,self dressing, self direction, locomotion,occupation, socialization dan komunikasi). Kesimpulan: pemberian metode bimbingan melalui terapi bermain dapat memberikan stimulus kepada siswa tunagrahita dan autis untuk meningkatkan perilaku adaptif sehari hari.

 

Key word: program bimbingan, terapi bermain, tunagrahita, autis


Keywords


Autis; Program Bimbingan; Terapi Bermain; Tunagrahita,

References


Ummah,D M.(2018). Analisis Kesulitan Belajar pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SMA Negeri 10 Kota Ternate. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan.Volume 02 Number 01 2018.ISSN: Print 2549-4511 – Online 2549-9092. ://www.researchgate.net/publication/323283122_Analisis_Kesulitan_Belajar_pada_Anak_Berkebutuhan_Khusus_ABK_Di_SMA_Negeri_10_Kota_Ternate.http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bk.

Mahyudin, MJ (2016). Model Bimbingan kelompok dengan tehnik bermain peran untuk meningkatkan ketrampilan social. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. Volume 2 Nomor 1 Juni 2016. Hal 1-11. P-ISSN: 2443-2202 e-ISSN:2477-2518. http://ojs.unm.ac.id/index.php/JPPK

Doll, F.A. (1965). Vineland Sosial Maturity Scale. American Guidance Service. Condensed Manual of Direction Minnesota.

Wong. D.L. (2009). Buku ajar keperawatan pediatric.edisi 6. volume 2. EGC

Hockenberry , J. M., & Wilson, D. (2012). Wong’s nursing care of infant and children. (9 th edition). Canada: Mosby Company

Damaianti, Furqon dan Yusuf. (2017). Program Bimbingan Melalui Bermain Untuk Mengembangkan Perilaku Adaptif Anak Usia Taman Kanak-Kanak. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/8095

Dunn, John.M & Leitschuh, Carol.A. (2014). Special Physical Education. Lowa: Kendall / Hunt Publishing Company

Smith, Peter K And Pellegrini, Antony. “Learning Through Play”. Minessta: Goldsmiths, University of London, United Kingdom University of Minnesota, USA (Published online 12 September 2008). DiUnduh 4 Maret 2019.

Smith, Deborah Deutsch & Tyler, Naomi Chowdhuri. (2010). Introduction to Special Education. United Stated of America: Pearson.

Wulandari, R.D (2016). Strategi Pengembangan Perilaku Adaptif Anak Tunagrahita melalui Model Pembelajaran langsung. Jurnal UNY.https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/download/.../9005. Di unduh 24 Juli 2019.

Wijayanti, R.(2016). Kemampuan Bina Diri Makan Bagi Anak Tunagrahita Kategori Sedang kelas III SDLB di SLB Tunas Bakti Pleret Bantul. Skripsi.https://eprints.uny.ac.id/45823/1/Riana%20Wijayanti_11103241012.pdf. Diunduh 1 Agustus 2019

Rosmaini, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Bina Diri Anak Autis Dalam Berpakaian Melalui Metode latihan (Drill) di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Skripsi. https://core.ac.uk/download/pdf/33532351.pdf. Di unduh 6 Agustus 2019.

Munir, F. (2013). Pola Perilaku Anak Autis. Artikel. https://www.kartunet.com/pola-perilaku-anak-autis-1342/. Diunduh 6 Agustus 2019.

Hannurofik. (2016). Teori-Teori Perkembangan Motorik Anak Usia Dini. [Online]. tersediahttp://www.scribd.com/doc/ 33133473/Teoriteoriperkembangan-Motorik-Aud. Diunduh 1 Agustus 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/dk.v7i2.6926

Article Metrics

Abstract view : 104 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

  

   

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

freehit counter

View Dunia Keperawatan Stats