Efektivitas Media Pembelajaran Komik Keperawatan Interaktif Imun-Toon terhadap Keterampilan Kognitif Mahasiswa Keperawatan

Kristina Kristina, Theresia Tutik Ismiati

Abstract


Latar belakang : Pengetahuan yang memadai tentang asuhan keperawatan merupakan syarat utama dalam merawat pasien, dibutuhkan bahan pembelajaran yang menarik dan interaktif sehingga mahasiswa keperawatan dapat belajar dengan baik dan memahami asuhan keperawatan yang akan diberikan. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan pilihan bahan pembelajaran menarik berupa komik interaktif tentang asuhan keperawatan pada pasien dengan kanker. Metode penelitian : penelitian ini menggunakan true experimental design dengan post test-only control design. Terdapat 80 responden mahasiswa keperawatan semester 5, kelompok perlakuan sebanyak 40 responden dan kelompok kontrol sebanyak 40 responden. Tehnik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan pemilihan sample sesuai dengan kriteria inklusi. Kelompok perlakuan mendapatkan bahan belajar berupa komik keperawatan dan kelompok kontrol diberikan handout. Setelah mendapatkan pengajaran tentang asuhan keperawatan pada pasien kanker sebanyak 2 kali pertemuan, dilakukan evaluasi tertulis dengan kategori soal level kognitif 1 – 3. Nilai mahasiswa diolah menggunakan program SPSS 24 dengan analisis independent t-test. Hasil : hasil analisis menunjukkan setelah menggunakan bahan belajar komik keperawatan pada kelompok perlakuan dan handout pada kelompok kontrol, terdapat perbedaan nilai yang signifikan 000<0.05, dimana hasil belajar pada kelompok perlakuan menunjukkan hasil rata-rata 72,6 dan nilai rata-rata 60.4 pada kelompok kontrol. Kesimpulan : media pembelajaran komik interaktif keperawatan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa keperawatan.

 


Keywords


Komik Asuhan Keperawatan Interaktif, Mahasiswa Keperawatan, Media Pembelajaran

References


Taskın Yilmaz F, Sabanciogullari S, Aldemir K. The Opinions of Nursing Students Regarding the Nursing Process and Their Levels of Proficiency in Turkey. J Caring Sci. 2015;4(4):265–75.

Patiraki E, Katsaragakis S, Dreliozi A, Prezerakos P. Nursing Care Plans Based on NANDA, Nursing Interventions Classification, and Nursing Outcomes Classification: The Investigation of the Effectiveness of an Educational Intervention in Greece. Int J Nurs Knowl. 2017;28(2):88–93.

Nadziruddin U. Faktor Internal Yang Berkontribusi Terhadap Pencapaian Indeks Prestasi Kumulatif Pada Mahasiswa Program A Fik Unpad. Ilmu Pendidik. 2006;

Amy Speigel, Julia McQuillan, Peter Halpin, Camillia Matuk JD. Engaging Teenagers with Science Through Comics Amy. NIH Public Access. 2013;8(24):4017–8.

Shin DS, Kim DH, Park JS, Jang HG, Chung MS. Evaluation of anatomy comic strips for further production and applications. Anat Cell Biol. 2013;46(3):210–6.

Oh TR, Choi HS, Kim CS, Bae EH, Ma SK, Sung SA, et al. Hyperuricemia has increased the risk of progression of chronic kidney disease: propensity score matching analysis from the KNOW-CKD study. Sci Rep. 2019;9(1):1–9.

Kim DH, Jang HG, Shin DS, Kim S-J, Yoo CY, Chung MS. Science Comic Strips. J Educ Learn. 2012;1(2):65–71.

Vassilikopoulou M, Boloudakis M, Retalis S. From Digitised Comic Books To Digital Hypermedia Comic Books : Their Use in Education. J Educ Sociol. 2001;(1979):1–7.

Karap Z. The possible benefits of using comic books in foreign language education : A classroom study. KÉPZÉS ÉS Gyak. 2017;243–60.

Arroyani F. the Effectiveness of Teaching Using Comic Strips To Facilitate Students’ Reading Comprehension Skill on Narrative Text. 2011;1–88.

Silva AB DA, Santos GT DOS, Bispo ACKDA. the Comics As Teaching Strategy in Learning of Students in an Undergraduate Management Program. RAM Rev Adm Mackenzie. 2017;18(1):40–65.

McNicol S. The potential of educational comics as a health information medium. Health Info Libr J. 2017;34(1):20–31.

Al-jawad M, Frost L. Creating and analysing practitioner comics to develop a meaningful ward manifesto for a new dementia care unit. Int Pract Dev J. 2014;4(2):1–10.

Muzumdar J. An Overview of Comic Books as an Educational Tool and Implications for Pharmacy. Inov Pharm. 2016;7(4).

Hosler J, Boomer KB. Are comic books an effectiveway to engage nonmajors in learning and appreciating science? CBE Life Sci Educ. 2011;10(3):309–17.

Bramlett F. Linguistics and the study of comics. Linguist Study Comics. 2012;1–310.

Integrados C, Visibles C. Integrated Comics and Visible Korean Movies for Laypeople ’ s Learning of Systemic Anatomy. 2017;35(3):883–7.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/dk.v8i3.8433

Article Metrics

Abstract view : 38 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

  

   

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

freehit counter

View Dunia Keperawatan Stats