PERANAN KOMISI INDEPENDEN PEMANTAU PELAYANAN PUBLIK (KIP3) DALAM PROSES PEMBANGUNAN DAERAH (STUDI PADA KECAMATAN LOKSADO, DAHA UTARA DAN KANDANGAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN)

Martha Karya Saputra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui mekanisme rekrutmen anggota Komisi Independen Pemantau Pelayanan Publik (KIP3), mengetahui peran pengawasan yang dilaksanakan Komisi Independen Pemantau Pelayanan Publik (KIP3) terhadap proses pembangunan daerah dan mengetahui tahap-tahap proses pengawasan yang dilaksanakan oleh Komisi Independen Pemantau Pelayanan Publik (KIP3) Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan secara snowball sampling sehingga data yang diperoleh dapat mencukupi kebutuhan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini. Data yang dipakai adalah data primer yang diperoleh langsung dari nara sumber sebagai informan dan data sekunder berupa dokumen, buku, peraturan perundang-undangan dan sumber-sumber lain yang relevan dengan penelitian ini.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KIP3 yang telah dibentuk Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan sudah relevan sebagai pengawasan masyarakat dan tidak bertentangan dengan peraturan-perundang-undangan yang berlaku. KIP3 sebagai suatu instrumen pengawasan memiliki peran yang cukup strategis dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Peran pengawasan KIP3 juga dapat mendorong terciptanya tata kepemerintahan yang baik (Good Governance) di daerah dan berdampak pada peningkatan prosefesionalisme dan kinerja aparatur pemerintah daerah serta mendorong partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. Dalam penelitian ini juga ditemukan fakta bahwa dalam proses rekrutmen anggota KIP3 belum dilaksanakan secara transparan dan tidak dilakukan seleksi secara terbuka. Demikian pula dalam pelaksanaan tugasnya, KIP3 belum dilengkapi dengan standar pengawasan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai pedoman atau acuan kerja bagi KIP3.

 

Kata Kunci : Peranan, KIP3, Pengawasan, Pembangunan.

Full Text:

PDF

References


Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta:

Ginandjar. 1994. Administrasi Pembangunan Perkembangan Pemikiran dan Praktiknya di Indonesia. Jakarta, LP3ES.

Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen (Edisi 2), BPFE. Yogyakarta,

Horton, B. Paul dan Chester L. Hunt. 1999. Sosiologi. Diterjemahkan oleh Drs. Aminuddin Ram, M. Ed dan Dra. Tita Sobari. Erlangga, Jakarta

Komaruddin, 1992. Ensiklopedia Manajemen. Jakarta : Bumi Askara

Kuncoro, 2004. Perencanaan dan Pengendalian Program Pembangunan. Universitas Indonesia (UI-Press), Jakarta

LAN RI, 2004, Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia, Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Jakarta

Lukman, Sampara. 2008, Manajemen Kualitas Pelayanan. STIA LAN Press, Jakarta

Miles Matthew B, Huberman A. Michael, 1992. Analisis Data Kualitatif, UI Press, Jakarta

Moenir, H.A.S. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. PT. Bumi Aksara, Jakarta

Moleong, J. Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Muluk, M. R. Khairul. 2007. Menggugat Partisipasi Publik dalam Pemerintahan Daerah (Sebuah Kajian dengan Pendekatan Berpikir Sistem). Bayumedia Publishing. Malang

Ndraha, Taliziduhu. 1982. Pengembangan Desa dan Administrasi Pemerintahan Desa, Jilid I. Yayasan Karya Darma IIP, Jakarta

Poerwadarminta, W.J.S. 1985. Kamus Bahasa Indonesia. PN. Balai Pustaka, Jakarta

Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, dalam Prespektif Rancangan Penelitian, Ar-Ruzz Media, Jogjakarta

Riyadi dan Deddy Supriadi Bratakusumah, 2004. Perencanaan Pembangunan Daerah : Strategi Menggali Potensi Dalam Mewujudkan Otonomi Daerah. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Siagian, Sondang P. 1990. Administrasi Pembangunan. Bumi Aksara, Jakarta

Sinambela, Lijan Poltak. Transformasi, 2006. Pelayanan Publik : teori, praktik dan implementasi. PT. Bumi Aksara. Jakarta

Situmorang, Viktor M. dan Juhir, Jusuf. (1994). Pengawasan. Gunung Agung. Jakarta

Slamet, Margono. 1995. Mahasiswa dalam Pembangunan. UNILA. Bandar Lampung

Soekanto, Soerjono. 2002, Sosiologi Suatu Pengantar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

---------- 1990. Sosiologi: Suatu Bunga Rampai. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta:

Sugiyono, 2008, Metodologi Penelitian Kualitatif, Alfabeta. Bandung

Tjokroamidjojo, Bintoro. 1974. Pengantar Administrasi Pembangunan. Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial. Jakarta

-------- 1994. Perencanaan Pembangunan. CV. Haji Masagung, Jakarta

-------- 2001. Good Governance Paradigma Baru Manajemen Pembangunan. Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Jakarta

Toha, Mifta. 1985. Administrasi Kepegawaian. Ghalia Indonesia. Jakarta

Utomo, Tri Widodo. 1998. Administrasi Pembangunan. Lembaga Administrasi Negara. Bandung

Wrihatnolo, Randy R dan Nugroho D, Riant, 2006. Manajemen Pembangunan Indonesia Sebuah Pengantar dan Panduan. PT Elex Media Komputindo, Jakarta

Wahyudin, Muhammad. 2010. Fungsi Pengawasan Administrasi Pembangunan. Makalah, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unhas Makasar

Peraturan Perundang-undangan

Kompilasi Undang-undang Bidang Keuangan, Perencanaan Pembangunan dan Pemerintahan Daerah. 2005. PT Mandhakakya Indonesia Muda, Jakarta

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. 2006. Sekretariat Jenderal MPR RI

Undang-Undang Nomor 81 Tahun 1993 tentang Pedoman Tatalaksana Pelayanan Umum

Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 Tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas dari KKN.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah

Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pembinaan dan Pengawasan atas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Keputusan Presiden Nomor 74 Tahun 2001 tentang Tata Cara Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Permendagri Nomor 25 Tahun 2007 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan Masyarakat di Lingkungan Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.


Article Metrics

Abstract view : 292 times
PDF - 182 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmu Politik & Pemerintahan Lokal

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International LicenseFlag Counterjoomla
analytics Pengunjung