KUALITAS PELAYANAN PEMERINTAHAN DESA (STUDI PELAYANAN KTP DAN KK DI DESA TELUK KEPAYANG KECAMATAN KUSAN HULU KABUPATEN TANAH BUMBU)
Abstract
Pertanyaan utama penelitian yang merupakan rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah sebagai berikut Bagaimana kualitas pelayanan KTP dan KK yang diberikan oleh Pemerintah Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelayanan yang diberikan oleh Desa Teluk Kepayang dalam hal administrasi kependudukan adalah berupa rekomendasi dari desa untuk dapat diteruskan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melalui Kantorkecamatan Kusan Hulu. Namun pelayanan yang tidak resmi lainnya adalah adanya masyarakat yang meminta pengurusan sampai selesai atas KTP dan KK yang berimplikasi kepada biaya tambahan seperti biaya transportasi serta biaya tak terduka lainnya. Kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh Pemerintah Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu khususnya dalam pemberian dokumen surat pengantar pembuatan atau pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) masih belum maksimal dalam hal ketepatan waktu, prosedur pembiayaan dan tingkat kesalahan pencetakan dokumen. Dengan demikian artinya bahwa kualitas pelayanan public di kantor desa Teluk Kepayang masih belum begitu memuaskan, artinya masih sangat perlu upaya – upaya peningkatan kualitas pelayanan tersebut. Sehingga tingkat kepuasan pelanggan atau masyarakat yang dilayani di kantor Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu dapat dicapai.
Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Pemerintah Desa
Full Text:
PDFReferences
Dwipayana, AAGN. Ari. 2003. Membangun Good Governance di Desa. Yogyakarta: IRE Press
Moleong, Lexy. 2005. Metodologi Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Rasyid, Ryaas, Muhammad. 1998. Makna Pemerintahan Tinjauan dari Segi Etika dan Kepemimpinan. Jakarta : Yarsif Watampone.
Santoso, Purwo. 2003. Pembaharuan Desa Secara Partisipatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Siagian, Sondang. P. 1997. Administrasi Pembangunan. Jakarta : Gunung Agung.
Sugiyono, Prof. Dr. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Thoha, Miftah. 1993. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta : RajaGrafindo Persada
Utami, Eko Tri. 2007. Peranan Badan Permusyawaratan Desa dalam Perencanaan Pembangunan Desa. Medan : USU
Utomo, Warsito. 1997. Otonomi dan Pengembangan Lembaga di Daerah. Seminar Nasional Profesionalisasi Birokrasi dan Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik. Yogyakarta : Fisipol UGM.
Widjaja, HAW. 2004. Otonomi Desa Merupakan Otonomi yang Asli, Bulat dan Utuh. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Widodo, Joko. 2001. Membangun Birokrasi Berbasis Kinerja. Jakarta : Bayumedia Publishing
Winarno, Budi. 1997. Kebijakan Publik Teori dan Proses. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Article Metrics
Abstract view : 3164 timesPDF - 6448 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmu Politik & Pemerintahan Lokal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License Pengunjung