ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN PADA KANTOR PELAYANAN TERPADU KABUPATEN BARITO KUALA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan perizinan pada Kantor Pelayanan Terpadu dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan perizinan Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Barito Kuala. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi/kepustakaan dan observasi dan lokus penelitian berlokasi di Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Barito Kuala.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor komitmen penyelenggara pelayanan, penerapan strategi pelayanan dan penerapan sistem pelayanan yang mudah difahami dan dilaksanakan sangat mempengaruhi kualitas pelayanan pada Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Barito Kuala. Kesimpulan yang dapat penulis ambil dari hasil penelitian ini bahwa kualitas pelayanan perizinan pada Kantor Pelayanan Terpadu masih belum baik, karena faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan seperti komitmen penyelenggara pelayanan, penerapan strategi pelayanan, dan penerapan sistem pelayanan yang mudah dipahami dan dilaksanakan belum diterapkan secara intensif dan konsisten, disamping indikator lain berupa mekanisme pelayanan, kompetensi petugas pelayanan serta kenyamanan dan keamanan lingkungan masih perlu ditata dan diperbaiki sesuai kebutuhan masyarakat.
Kata kunci : Kualitas, Pelayanan, Perizinan.
Full Text:
PDFReferences
A. Buku-buku :
Lukman, Sampara, 2000, Manajemen Kualitas Pelayanan, Jakarta : STIA LAN Press.
Ndraha, Taliziduhu, 2003, Kybernology Sebuah Konstruksi Ilmu Pemerintahan, Jakarta : PT. Rineka Cipta.
-----------------------, 2003, Metodologi Ilmu Pemerintahan, Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Nasir, Muhammad, 2003, Metode Penelitian, Cetakan Kelima, Jakarta : Ghalia Indonesia.
Sinambela, Lijan Poltak, 2008, Reformasi Pelayanan Publik Teori Kebijakan dan Implementasi, Jakarta : Bumi Aksara.
Sedarmayanti, 2009, Informasi Administrasi Publik, Reformasi dan Kepemimpinan Masa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan Yang Baik), Bandung : Refika Aditama.
Thoha, Miftah, 1995, Birokrasi Indonesia Dalam Era Globalisasi, Bogor : Pusdiklat Pegawai Dikbud.
Tjiptono, Fandy, 1996, Manajemen Jasa, Yogyakarta : Andi.
Triguno, 1997, Budaya Kerja: Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Kondusif Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja, Jakarta : Golden Terdvon Press.
B. Perundang-Undangan :
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/26/M.PAN/2/2004 tentang Petunjuk Teknis Transparansi dan Akuntabilitas Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 13 Tahun 2009 tentang Pedoman Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dengan Partisipasi Masyarakat.
Peraturan Daerah Kabupaten Barito Kuala Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Barito Kuala.
Peraturan Bupati Barito Kuala Nomor 21 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Bupati Barito Kuala Nomor 139 Tahun 2011 Tentang Pelimpahan Kewenangan Bidang Perizinan Kepada Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Barito Kuala.
Keputusan Bupati Barito Kuala Nomor 202 Tahun 2007 tentang Tim Pembina dan Pengawas Pelayanan Perizinan Pada Kantor Perizinan Terpadu Kabupaten Barito Kuala.
Keputusan Bupati Barito Kuala Nomor 203 Tahun 2007 tentang Tim Teknis Pelayanan Perizinan Pada Kantor Perizinan Terpadu Kabupaten Barito Kuala.
Article Metrics
Abstract view : 171 timesPDF - 115 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmu Politik & Pemerintahan Lokal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License Pengunjung