KINERJA UNIT LAYANAN PENGADAAN BARANG / JASA DI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BANJAR

Noorafni Farida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Unit Layanan Pengadaan Kabupaten Banjar saat ini dan mencermati apakah faktor-faktor yang menghambat/mendukung Kinerja ULP Kabupaten Banjar. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif, tipe deskriptif. Teknik Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Key informan adalah Kepala Unit Layanan Pengadaan Kabupaten Banjar. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitian memperlihatkan bahwa kinerja ULP belum optimal. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek. Kesatu, responsivitas belum optimalnya pembinaan terhadap kegiatan pelaksanaan barang/jasa, dan masih adanya anggota Pokja yang mengabaikan dan kurang fokus dalam melaksanakan tugasnya seperti memonitoring dan menjawab sanggahan. Kedua, responsibilitas yang memperlihatkan masih adanya pelelangan ulang terhadap pekerjaan lelang, belum terlaksana sepenuhnya penyebaran informasi mengenai perubahan kebijakan/aturan. Ketiga, akuntabilitas yang memperlihatkan bahwa tingkat konsistensi kebijakan dengan kegiatan di ULP masih kurang maksimal khususnya dalam pengelolaan pelaksanaan barang/jasa, kurangnya tingkat kemampuan pemahaman teknis pelaksanaan pengadaan barang/jasa.

 

Kata kunci : Kinerja, Unit Layanan Pengadaan.

Full Text:

PDF

References


---------2011. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, VisiMedia, Jakarta.

---------2012. Matriks Peraturan Presiden No.54/2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah beserta Revisinya (Peraturan Presiden No.70/2012), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Jakarta.

---------2012. Perpres No.70 Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2012, PT. Tamita Utama, Jakarta.

Alizar. 2002. “Kinerja Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru Dalam Era Otonomi”, Tesis, Yogyakarta.

Mustafa, Khalid dan Rahman, Andi Zabur. 2012. Konsolidasi Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 dan Perubahannya, Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional, Jakarta.

Peraturan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah No.002/PRT/KA/VII/2009, Tentang Pedoman Pembentukan Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang/Jasa Pemerintah.

Peraturan Bupati Banjar Nomor 02 Tahun 2011. Tentang Pembentukan Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang/Jasa Pemerintah Kabupaten Banjar.

Permana, Jejen Hendra. 2002. “Kinerja Organisas Publik (Kasus di Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta)”, Tesis, Yogyakarta.

Sembiring, Masana. 2012, Budaya & Kinerja Organisasi (Perspektif Organisasi Pemerintah), Fokusmedia, Bandung.

Suparmiatun, Emmy. 2012. “Evaluasi Peraturan Menteri Negara PPN/Kepala Bappenas No.005/M.PPN/10/2007 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Negara PPN/Bappenas (Unit Layanan Pengadaan (ULP) Sebagai Bagian dari Organisasi dan Tata Kerja Kementerian PPN/Bappenas”. Biro Hukum Kementerian PPN/Bappenas.

Suryana, Asep. 2007. “Tahap-tahap Penelitian Kualitatif”. Mata Kuliah Analisis Data Kualitatif, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Univeristas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Yusuf, Edy. 2003. “Kinerja Lembaga Legeslatif (Studi Tentang Kinerja DPRD Kabupaten Deli Serdang)”, Tesis, Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 406 times
PDF - 1345 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmu Politik & Pemerintahan Lokal

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International LicenseFlag Counterjoomla
analytics Pengunjung