EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KEBIJAKAN PROGRAM E-KTP (Studi Pelaksanaan Perekaman Data Di Kabupaten Hulu Sungai Utara)

Nazaruddin Nazaruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan kebijakan program e-KTP dalam pelaksanaan perekaman data di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Pendekatan penelitian kualitatif dengan lokasi di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder, yang dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis kualitatif model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kredibilitas data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan serta triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan kebijakan program e-KTP dalam pelaksanaan perekaman data di Kabupaten Hulu Sungai Utara Efektivitas belum tercapai, dengan melihat dari pengukuran terhadap tingkat kemampuan suatu organisasi untuk mengadakan sosialisasi, pengembangan konsensus dan komunikasi dengan berbagai macam organisasi lainnya. Integrasi menyangkut proses sosialisasi. Serta kemampuan organisasi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Untuk itu digunakan tolak ukur proses pengadaan dan pengisian tenaga kerja. Dalam hal pencapaian tujuan akhir berupa kurun waktu dan sasaran yang merupakan target kongktit masih belum tercapai. Ini terbukti dari masih belum tercapainya target pelaksanaan perekaman data, yaitu baru mencapai 71,40%. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kebijakan program e-KTP pada pelaksanaan perekaman data di Kabupaten Hulu Sungai Utara adalah keterlambatan pengiriman perangkat pelayanan rekam data e-KTP. Dalam hal pelaksanaan penerapan e-KTP, ada 1 (satu) wilayah yang secara geografis merupakan daerah rawa/air yang tidak dapat dijangkau oleh transportasi darat seperti kendaraan roda 4, dimana wilayah tersebut merupakan daerah yang berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah. Selain itu sebaran penduduk yang masih terisolir, yakni Kecamatan Paminggir merupakan daerah yang perlu penanganan dan perhatian khusus dalam pelayanan e-KTP mendatang.

            Disimpulkan bahwa pelaksanaan kebijakan program e-KTP dalam pelaksanaan perekaman data di Kabupaten Hulu Sungai Utara efektivitas belum tercapai.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Perekaman Data, Program e-KTP.

Full Text:

PDF

References


Anderson, J.E., 2000, Public Policy Making, New York: Holt, Rinehart & Wiston

Bogdan, Robert dan Taylor, Steven J., 1993, Kualitatif : Dasar-Dasar Penelitian, (terjemahan) Usaha Nasional, Surabaya Indonesia.

Dunn, William N., 2000, Pengantar Analisis Kebijakan Publik (terjemahan), Edisi Kedua, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Dwidjowijoto, Riant Nugroho, 2001, Reinventing Indonesia, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Islamy, M. Irfan. 1994. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Jones, Charles O., 1991, Pengantar Kebijakan Publik (terjemahan), C.V. Rajawali, Jakarta.

Lindblom, Charles E., 1980, Proses Penetapan Kebijaksanaan (terjemahan), Erlannga, Jakarta.

Miles, Matthew B. & A. Michel Huberman, 1992, Analisis Data Kualitatif, UI-Press, Jakarta.

Moleong, Lexi J., 2000, Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Parsons, Wayne, 2005, Public Policy : Pengantar Teori dan Praktek Analisis Kebijakan (terjemahan), Kencana, Jakarta

Sadu Wasistiono, et all, 2002. Evaluasi Pelaksanaan Otonomi daerah Sebagai Upaya Awal Merevisi UU Nomor 22 Tahun 1999 dan UU Nomor 25 Tahun 1999. Prosiding Seminar Nasional. Diterbitkan oleh Pusat Kajian Pemerintahan STPDN.

Sadu Wasistiono. 2006. Pasang Surut Otonomi Daerah- Sketsa Perjalanan 100 Tahun, Yayasan Tifa. Jakarta.

Sadu Wasistiono dan Fernandes Simangunsong. 2009, Metodologi Ilmu Pemerintahan, Penerbit Universitas Terbuka, Jakarta.

Syaukani H.R. 2004. Menolak Kembalinya Sentralisasi – Memantapkan Otonomi Daerah, editor Hery Susanto dkk, Penerbit Komunal, Jakarta. 2004.

Santoso, Purwo dkk (eds.). 2004. Menembus Ortodoksi Kajian Kebijakan Publik. Yogyakarta: Fisipol UGM.

Sharkansky, Ira, 1970. Public Administration, Policy Making in Government Agencies, Chicago, Rand McNally College Publishing Coy.

Suharto, Edi. 2005. Analisis Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Steers, Richard M, 1985, Efektivitas Organisasi, Jakarta: Rajawali.

Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: Grasindo.

Wahyu Nurharjadmo, 2008, Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Sistem Ganda Di Sekolah Kejuruan, Jurnal Spirit Publik Volume 4, Nomor 2 Halaman: 215 - 228 ISSN. 1907 – 0489

Winarno, Budi. 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo.


Article Metrics

Abstract view : 471 times
PDF - 1791 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmu Politik & Pemerintahan Lokal

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International LicenseFlag Counterjoomla
analytics Pengunjung