PROFESI GURU: ANTARA MOTIVASI PRIBADI DAN KELUARGA

Aswin Nur Saputra, Akhmad Munaya Rahman

Abstract


Mahasiswa pendidikan keguruan merupakan generasi utama untuk keberlanjutan profesi guru. Berdasarkan hasil identifikasi mahasiswa Pendidikan Geografi terdapat permasalahan diantaranya; mahasiswa Pendidikan Geografi sebagai calon guru juga kurang siap mental saat melaksanakan Program Praktik Lapangan (PPL). Masalah tersebut menyebabkan mahasiswa Pendidikan Geografi kurang mengembangkan potensi diri dalam keterampilan mengajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang ditimbulkan dari tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas yaitu Minat Menjadi Guru (X1), Lingkungan Keluarga (X2) dan satu variabel terikat yaitu Prestasi Belajar (Y). Berdasarkan hasil penelitian, terdapat korelasi positif antara minat menjadi guru dengan prestasi belajar dibandingkan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar. Secara keseluruhan hasil yang didapatkan menunjukkan adanya hubungan yang positif antara minat menjadi guru, lingkungan keluarga secara bersamaan dengan prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Geografi.

Keywords


Guru; lingkungan keluarga; prestasi belajar; geografi

Full Text:

PDF

References


Abror, A. R. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Ceka, A., & Murati, R. (2016). The Role of Parents in the Education of Children. [JOUR]. Journal of Education and Practice, 7(5), 61–64.

Grönqvist, E., & Vlachos, J. (2016). One size fits all? The effects of teachers’ cognitive and social abilities on student achievement [JOUR]. Labour Economics, 42, 138–150.

Indonesia, R. Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. , (2005).

Nurdyansyah, & Widodo, A. (2015). Inovasi Teknologi Pendidikan (1st ed.). Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Sanusi, H. P. (2013). Peran Guru Pai Dalam Pengembangan Nuansa Religius Di Sekolah. Pendidikan Agama Islam, 11(2), 143–152.

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Washington, T., Rose, T., Colombo, G., Hong, J. S., & Coard, S. I. (2015). Family-level factors and African American children’s behavioral health outcomes: A systematic review [CONF]. Child & Youth Care Forum, 44(6), 819–834. Springer.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i2.8887

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Socius

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.