PROBLEM BASED LEARNING DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Keywords: problem based learning, critical thinking, simple harmonic motion.
Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis
siswa melalui penerapan model Project Based Learning (PBL) pada materi gerak harmonik sederhana. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan control group pretest posttest design. Penelitian dilakukan pada salah satu SMA di Samarinda dengan jumlah subjek penelitian terdiri dari 34 siswa orang siswa. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang terintegrasi dengan keterampilan berpikir kritis dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan model PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL (kelas eksperimen) meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan rerata N-Gain sebesar 0,61, sedangkan untuk model konvensional (kelas control) meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan rerata N-Gain sebesar 0,38. Terdapat perbedaan kterampilan berpikir kritis yang signifikan antara kelas dengan menerapkan model PBL dibandingkan dengan yang menerapkan model konvensional pada topik gerak harmonik sederhana.
Full Text:
PDFReferences
Adophus, T., Alamina, J., & Aderonmu. (2013). “The Effect of Collaborative Learning on Problem Solving Abilities among Senior Secondary School Physics Students in Simple Harmonic Motion”. Journal Education and Practice, vol. 25(4), 95-100.
Amir, M.T. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hake, R. (2002). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on mathematics and spatial visualization. Physics education research conference 8 (1), 1-14
Merhar, V.K., Planinsic, G., & Cepic, M. (2009). “Sketching graphs – an efficient way of probing students’ conceptions”. Eur. Journal Phys, 30, 163-175.
Muldiralto & Ismoyo, H. (2017). “Effect of Problem Based Learning on Improvement Physics Achievment and Critical Thinking of Senior High School.” Journal of Baltic Science Education, 16(5), 761-779.
Muslim, I., Halim, A., & Safitri, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Elastisitas Dan Hukum Hooke Di SMA Negeri Unggul Harapan Persada”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 35-50.
Pacific Policy Reasearch Center [PPRC]. (2010). 21st Century Skills for Students and Teachers. Honolulu: Kamehameha Schools, Research & Evaluation Devision.
Purwanto & Siregar, S. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di Kelas X Semester II SMA Negeri 11 Medan T.P. 2014/2015. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 2(1), 25-29.
Rahman, M.A., Azmi, M.N.L., Wahab, Z., Abdullah, A.T.H., Azmi, N.J. (2016). The Impact of Problem Based Learning Approach in Enhancing Critical Thinking Skills to Teaching Literature.. International Journal of Applied Linguistic and English Literature, 5(6), 249-258.
Yulianti, E. & Gunawan, I. (2016). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399-408.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v35i1.10582
Article Metrics
Abstract view : 260 timesPDF - 319 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Vidya Karya
Indexed By
Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.