KAJIAN LITERATUR INOVASI PEMBELAJARAN SAINS DI MASA PANDEMI COVID
Abstract
The world of education is again disturbed by the massive spread of the COVID-19 virus or coronavirus disease. The use of technology is considered to facilitate and be a solution and innovation in the learning process that can be a way out so that the teaching and learning process during the COVID-19 period becomes more effective. One of the innovations that teachers can do as educators in delivering learning materials is using models in collaboration with technological advances in the learning process, especially in science learning. This research is descriptive in the form of a literature study. Data sources come from 15 scientific articles from national journals and accredited national journals. Based on the literature review that has been carried out, it can be concluded that the use of online learning models in collaboration with technology such as the Zoom platform, google classroom, WhatsApp, and others can be used in the science learning process at all levels of education during the COVID-19 pandemic. This is because this learning model is centred on students so that they are not dependent on the teacher, which is in line with the basis of online learning, which requires students to think critically, be active in exploring or understanding the subject matter presented. Students are required to establish communication between fellow students and the teacher who acts as a moderator.
Keywords: Covid-19; Inovations; Online Learning; Science
Dunia pendidikan kembali terusik dengan adanya penyebaran virus COVID-19 atau coronavirus disease secara masif. Penggunaan teknologi dianggap bisa mempermudah dan menjadi solusi serta inovasi dalam proses pembelajaran yang bisa menjadi jalan keluar sehingga proses belajar mengajar di masa COVID-19 menjadi lebih efektif. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan guru sebagai tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran yaitu penggunaan model yang dikolaborasikan dengan kemajuan teknologi dalam proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran sains. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berupa studi kepustakaan. Sumber data berasal dari 15 artikel ilmiah dari jurnal nasional maupun jurnal nasional terakreditasi. Berdasarkan kajian literatur yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran online leaning yang dikolaborasikan dengan teknologi seperti platform Zoom, google classroom, whatsapp, dan lainnya dapat digunakan dalam proses pembelajaran sains pada semua jenjang pendidikan di masa pandemi COVID-19. Hal ini karena model pembelajaran ini berpusat kepada peserta didik sehingga mereka tidak ketergatungan kepada guru, yang sejalan dengan dasar dari pembelajaran secara daring yaitu menuntut peserta didik untuk berpikir kritis, aktif dalam menjelajahi atau memahami materi pelajaran yang disampaikan serta peserta didik dituntut agar dapat menjalin komunikasi yang baik antara sesama peserta didik dan juga guru yang berperan sebagai moderator.
Kata kunci: Covid-19; Inovasi; Online Learning; Sains
Full Text:
PDFReferences
Adilla, I. N., & Jatmiko, B. (2021). Keefektifan pembelajaran daring fisika sma berbasis probing promting untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 426–435.
Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging faculty needs for enhancing student engagement on a virtual platform. MedEdPublish, 9(1), 1–5. https://doi.org/10.15694/mep.2020.000075.1
Aji, R. H. S. (2020). Dampak covid-19 pada pendidikan di indonesia: sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Amalia, G. R., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas model problem based learning berbasis daring terhadap hasil belajar ipa kelas v sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 424–431. https://doi.org/10.5281/zenodo.3977422
Anggraini, A. I., Suwarto, S., & Iskandar, D. (2020). Analisis aktivitas pembelajaran biologi pada google classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(2), 168–174. https://doi.org/10.37729/jpse.v6i2.6763
Bintarawati, D., & Citriadin, Y. (2020). Implementasi kelas virtual dengan google classroom untuk meningkatkan hasil belajar kimia di sma negeri bekasi. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 2(2), 177–190. https://doi.org/10.20414/spin.v2i2.2573
Darmawan, A. (2013). Pengaruh pendekatan blended learning menggunakan portal rumah belajar terhadap hasil belajar ipa. Jurnal Teknodik, 17(3), 292–306. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i3.562
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11.
Eti, E. (2020). Implementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan aktivitas belajar kimia sma negeri 1 maumere. INTELEKTIVA: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(5), 135–141.
Faturohman, N. (2020). Inovasi pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 615–627.
Hariyadi, S. (2021). Meningkatkan interaksi dan hasil belajar siswa melalui penggunaan google classroom untuk kelas daring biologi di smA. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(1), 50–58.
Iswandari, Y. (2020). Peningkatan hasil belajar pembelajaran daring melalui model project based learning berbantu platform zoom meeting. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar, 3(3), 187–194.
Komalasari, R. (2020). Manfaat teknologi informasi dan komunikasi di masa pandemi covid 19. Tematik-Jurnal Teknologi Informai Dan Komunikasi, 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
Latip, A. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 107–115. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956
Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Mahardini, M. M. A. (2020). Analisis situasi penggunaan google classroom pada pembelajaran daring fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 215–224. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3102
Miluningtias, S., & Shofiyah, N. (2021). Penerapan game edukasi terintegrasi kearifan lokal berbasis android terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring. Jurnal IPA Terpadu, 4(2), 74–84.
Misbah, M., Pratama, W. A., Hartini, S., & Dewantara, D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis schoology pada materi impuls dan momentum untuk melatihkan literasi digital e-learning development based on schoology on impulse material and momentum to exercise digital literacy. Pancasakti Science Education Journal, 3(2), 109–114. Retrieved from http://e-journal.ups.ac.id/index.php/psej
Mulatsih, B. (2020). Penerapan aplikasi google classroom , google form , dan quizizz dalam pembelajaran kimia di masa pandemi covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16–26.
Murni, C. K., & Harimurti, R. (2016). Pengaruh e-learning berbasis schoology terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam materi perangkat keras jaringan kelas x tkj 2 pada smk negeri 3 buduran, sidoarjo. It-Edu, 1(01), 86–90.
Mutia, I., & Leonard, L. (2013). Kajian penerapan e-learning dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Faktor Exacta, 6(4), 278–289.
Napsawati, N. (2020). Analisis situasi pembelajaran ipa fisika dengan metode daring di tengah wabah covid-19. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 6–12. https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.546
Nurjamilah, N., Rokhmat, J., Sahidu, H., & Harjono, A. (2020). Penerapan model pembelajaran kausalitik untuk meningkatkan kemampuan bernalar dalam pembelajaran fisika masa learning from home pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 183–192. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.1960
Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan virtual class dengan google classroom dalam pembelajaran fisika dimasa pandemi covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669
Purnama, M. N. A. (2020). Blended learning sebagai sarana optimalisasi pembelajaran daring di era new normal. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(02), 106–121. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v2i02.535
Rizal, S., & Walidain, B. (2019). Pembuatan media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada matakuliah pengantar aplikasi komputer universitas serambi mekkah. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 19(2), 178–192. https://doi.org/10.22373/jid.v19i2.5032
Saiful, N. I., Rudiyansyah, R., & Aslam, S. L. (2021). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pendemi covid-19 (studi kasus pada mata pelajaran sosiologi di sman 20 gowa). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 86–92. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4539
Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Asyharinur, A. (2020). Peran teknologi dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Sukmawati, R. (2020). Pemanfaatan aplikasi microsoft teams dalam proses pembelajaran ipa daring. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran IPA Ke-5 “Membangun Generasi Unggul Melalui Merdeka Belajar IPA Di Era New Normal ,” 53–55.
Wahyudi, I. (2017). Pengembangan program pembelajaran fisika sma berbasis e-learning dengan schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 187–199. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1850
Widyaningrum, H. (2016). Pentingnya strategi pembelajaran inovatif dalam menghadapi kreativitas siswa di masa depan. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), 1(Mei), 268–277.
Yani, A. D., Wati, M., & Misbah, M. (2021). Direct current electric teaching materials through google classroom for for 16-17 years old students: teacher perception. Online Learning in Educational Research, 1(1), 25–36.
Yaniawati, R. P. (2020). Penelitian studi kepustakaan (liberary research). In Universitas Pasundan Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v35i2.10591
Article Metrics
Abstract view : 3173 timesPDF - 498 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Vidya Karya
Indexed By
Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.