PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA
Abstract
Abstract. The relatively low storytelling skills of students encourages researcher to propose alternative solution to solve the problem in the form of using picture-assisted cooperative models. This classroom action research is conducted at class VIIIA students of SMPN 6 Banjarmasin. Data collection techniques were carried out through observation using observation sheets and student response questionnaires, and test techniques using descriptive questions. The results showed that students’ activity in learning increased from 44% in cycle I to 89% in cycle II. The students’ learning outcomes also increased from 65% in cycle I to 89% in cycle II. Students also gave positive responses to learning process by 90%. It can be concluded that picture-assisted cooperative models is effective in improving students' storytelling skills.
Keywords: storytelling skills, cooperative learning model, pictures
Abstrak. Kemampuan bercerita siswa yang relatif masih rendah mendorong peneliti untuk mengajukan alternatif solusi pemecahan masalah berupa penggunaan model kooperatif berbantuan media gambar. Penelitian Tindakan kelas ini ditujukan kepada siswa kelas VIIIA SMPN 6 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi menggunakan lembar pengamatan dan angket respon siswa, serta teknik tes menggunakan soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari 44% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 65% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II. Siswa juga memberikan respon positif terhadap pembelajaran sebesar 90%. Disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar efektif meningkatkan kemampuan bercerita siswa.
Kata Kunci: kemampuan bercerita, model pembelajaran kooperatif, media gambar
Full Text:
PDFReferences
Anwari, R., Syakir, A., dan Yunus, M. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Banjarmasin. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 222-229.
Dewi, S.K. (2017). Peningkatan Kemampuan Bercerita menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Bercerita Berpasangan (Paired Storytelling) Pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Karang Tinggi kabupaten Bengkulu Tengah. Wacana; Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan pengajarannya, 15(2), 172-184.
Marlina, E., Apriliya, S., dan Hamdu, G. (2018). Kemampuan Bercerita Siswa SD Menggunakan Buku Pop Up. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 84-99.
Ningsih, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali, Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(4), 243-256.
Novalina, Karim, A., dan Efendi. (2016). Peningkatan Keterampilan Siswa Berbicara Melalui Media Gambar Di Kelas III SD Inpres Maranatha. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(6), 154-173.
Wardani, Y.K. & Hasibuan, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Gambar Seri di TK Mardi Rahayu Jombang. Jurnal PAUD Teratai, 6(3), 1-5.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Berdasarkan Gya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Journal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2), 128-139.
Yanti, N., Suhartono, dan Kurniawan, R. (2018). Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(1),72-82.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v35i1.11841
Article Metrics
Abstract view : 326 timesPDF - 196 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Vidya Karya
Indexed By
Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.