PENGARUH MODUL DIGITAL BERBASIS CULTURE LITERACY DIGITAL WETLAND (CLDW) KONSEP JAMUR TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA

Tiara Ayuningtyas, Aminuddin Prahatama Putra, Nurul Hidayati Utami

Abstract


Teaching and learning activities changed during a pandemic, namely distance learning that utilized online learning. Teaching and learning activities involve technology in packaging the material to be taught to students. One of which uses a digital module. This study describes the effect of using CLDW based digital modules on the fungi concept on students' generic science skills and responses. This study uses a quasi-experimental approach with The Non-Equivalent Control Group Design, with the research sample being class X students at SMAN 7 Banjarmasin. Analyzing data on generic science skills used the N-Gain Score test and obtained an N-gain Score of 56,72%. Based on this study's results, there is an effect of applying the CLDW digital module to students' generic science skills. Suggestions for this research, student participation and response in online learning are less than optimal. It is necessary to make habituation and active participation between teachers and students to overcome this.

Keywords: CLDW; Digital Module; Fungi; Independent Learning; Science Generic Skills

Selama pandemi COVID-19, kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan yaitu penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang memanfaatkan pembelajaran online. Kegiatan belajar mengajar melibatkan teknologi dalam mengemas materi yang akan diajarkan kepada siswa. Salah satunya dengan menggunakan modul digital. Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan penggunaan modul digital berbasis CLDW pada konsep jamur terhadap keterampilan generik sains siswa dan respon siswa saat menggunakan modul yang terintegrasi dengan CLDW. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan the non-equivalent control group design dengan sampel penelitian sebesar 38 siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 4 di SMAN 7 Banjarmasin. Teknik analisis data keterampilan generik sains menggunakan tes N-Gain Score dan memperoleh hasil nilai N-Gain Score 56,72%, sedangkan respon siswa dianalisis secara deskripstif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan modul digital CLDW terhadap keterampilan generik sains siswa. siswa respon siswa selama penggunaan modul yang terintegrasi pada CLDW berada pada kategori setuju. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka diperlukan pembiasaan dan partisipasi aktif siswa.

Kata Kunci:  CLDW; Modul Digital; Jamur; Belajar Mandiri; Keterampilan Generik Sains


Full Text:

PDF

References


Adi, P. W. & Martono, T. (2021). Learning failures and barriers in schools during a pandemic at Indonesia: A literature review. Duconomics Sci-Meet, 1(085230975597).

Amina, I. Y., Putra, A. P., & Utami, N. H. (2021, May). Perspektif sikap ilmiah peserta didik melalui pembelajaran daring berbasis KGS dengan Jiwa moralitas entrepreuner di SMA Islam Terpadu. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 1(1), 326-342.

Brotosiswoyo, B. S (2001). Hakikat pembelajaran MIPA di perguruan tinggi. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Universitas Terbuka

Fausih, M. & Danang, D. (2015). Pengembangan media e-modul mata pelajaran produktif pokok bahasan ïnstalasi jaringan LAN untuk siswa kelas XI jurusan teknik komputer jaringan di SMK Negeri 1 Lambang Bangkalan Madura. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.

Leny, M. F. (2013). Pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan multimedia interaktif terhadap keterampilan generik sains dan hasil belajar siswa pada materi hidrolisis. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Martiningsih, M., Situmorang, R. P., & Hastuti, S. P. (2018). Hubungan keterampilan generik sains dan sikap ilmiah melalui model inkuiri ditinjau dari domain kognitif. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 6(1), 24-33.

Mi’rojiyah, F. L. (2016). Pengembangan modul berbasis multirepresentasi pada pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas. In Pros. Semnas Pend IPA Pascasarjana UM (pp. 217–225).

Muhajir, R. & Hazrullah, M. (2019). Efektivitas penggunaan e-learning berbasis edmodo terhadap minat dan hasil belajar (studi kasus di SMK Negeri Al Mubarkeya). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 50-56.

Putra, A. P., Akrim, A., & Dalle, J. (2020). Integration of high-tech communication practices in teaching of biology in indonesian higher education institutions. International Journal of Education and Practice, 8(4), 746–758.

Putra, A. P., Utami, N. H., Kaspul, K., & Huldani, H. (2021). CLDW : Worksheet application for developing science generic skills and learning outcomes. Review Of Interantional Geographical Educationtional Geographical Education, 11(9), 1226–1233.

Risnawati, Nina. (2015). Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbentuk modul pembelajaran digital untuk siswa SMK Negeri 1 Bantul kelas XI Jurusan akuntansi pada materi pokok akuntansi utang. Jurnal Education, 3(3).

Utami, N. H., Kaspul, K., Mispa, R., Aprilliana, I., & Jannah, N. (2021). Bimbingan Teknis Representasi Visual Pada pembelajaran Biologi SMA secara Kolaboratif. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 255-261.

Utami, N. H., Riefani, M. K., Muchyar, M., & Mirhanudin, M. (2017, May). The Measurement of Science Process Skills for First Year Students at Biology Education Departement. In 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017) (pp. 382-384). Atlantis Press.

Utami, N. H., Riefani, M. K., Sarah, S., & Musliha, M. (2021). Basic science process skills in senior high school for solve wetlands problems. Proceedings of the 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020), 525(Icsse 2020), 442–445.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v37i1.12691

Article Metrics

Abstract view : 436 times
PDF - 214 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vidya Karya

Indexed By

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.