PELUANG MUATAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN IPA DALAM PERSPEKTIF RUU SISDIKNAS

Wahyudi Wahyudi, Misbah Misbah, Nurhayati Nurhayati, Satwika Trianti Ngandoh, Yusi Riksa Yustiana

Abstract


This research aims to identify and analyze the problems contained in the Draft Law on the National Education System (RUU Sisdiknas) related to curriculum and learning by comparing the content in the bill with the revised law and phenomena that occur in the field. This research was conducted through a literature study using secondary sources: documents, the internet, books, proceedings, reputable international journals, international journals, and national journals, both accredited and unaccredited. The main document used as material for the analysis of the study is the National Education System Law No. 20 of 2003, the National Education System Bill. The descriptive-analytical method was used in this research, and then the source data of the study were analyzed qualitatively. Through this literature study, identification and analysis of problems contained in the National Education System Bill related to curriculum and learning were obtained by comparing the bill's contents with the revised law and phenomena occurring in the field. In the Bill, the potential for local content is obtained, which is currently included in the 2022 Prototype Curriculum. In addition, the integration of local content in learning has a positive impact on students. This study will help provide input and suggestions for improving the draft law.

Keywords: Curriculum; IPA;  Local Content; National Education System Bill

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan yang terkandung dalam Rancangan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran dengan membandingkan muatan dalam RUU dengan UU yang direvisi serta fenomena yang terjadi di lapangan. Penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan dengan menggunakan sumber data sekunder, yaitu berupa dokumen, internet, buku, prosiding, jurnal internasional bereputasi, jurnal internasional, dan jurnal nasional baik terakreditasi maupun tidak terakreditasi. Dokumen utama yang digunakan sebagai bahan analisis kajian adalah UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003, RUU Sisdiknas. Metode deskriptif analitis digunakan dalam penelitian ini yang selanjutnya data sumber kajian tersebut dianalisis secara kualitatif. Melalui studi kepustakaan ini diperoleh identifikasi dan analisis permasalahan yang terkandung dalam RUU Sisdiknas yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran dengan membandingkan muatan dalam RUU dengan Undang-undang yang direvisi serta fenomena yang terjadi di lapangan. Dalam RUU diperoleh potensi muatan lokal yang saat ini sudah dimasukkan ke dalam Kurikulum Prototipe 2022 dan Kurikulum Merdeka Belajar. Selain itu, adanya integrasi muatan lokal dalam pembelajaran memberikan dampak yang positif bagi peserta didik. Hasil kajian ini akan berguna dalam memberikan masukkan dan saran dalam penyempurnaan rancangan undang-undang.

Kata Kunci: Kurikulum; IPA; Muatan lokal; RUU Sisdiknas

Full Text:

PDF

References


Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh model pembelajaran learning cycle (5e) berbasis kearifan lokal terhadap sikap disiplin belajar dan hasil belajar ipa siswa kelas iv sd gugus v kecamatan sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 43–54.

Arifin, Z., Ulfa, S., & Praherdhiono, H. (2018). Pengembangan kurikulum muatan lokal karawitan sebagai upaya mengkonstruksi pengetahuan dan pelestarian budaya jawa di jenjang sma. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 123-132.

Astawan, I. G., Rati, N. W., & Kusmariyatni, N. (2019). Implementasi model pembelajaran kuantum bermuatan kearifan lokal dengan setting lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(1), 1–7.

Azhar, I. N. (2009). Penggunaan multimedia dalam pengajaran muatan lokal bahasa daerah. Jurnal Jembatan Merah, 3, 1–20.

Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1).

Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan bahan ajar media pembelajaran berbasis kearifan lokal mahasiswa pendidikan matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37.

Ferdianto, V. B., & Rusman, R. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum muatan lokal bahasa daerah dan pendidikan lingkungan hidup. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 117–128.

Fitriah, L., Ma’rifah, E., & Misbah, M. (2021, February). Developing a physics textbook based on the local wisdom of Hulu Sungai Selatan regency to train rakat mufakat characters. In Journal of Physics: Conference series (Vol. 1796, No. 1, p. 012001). IOP Publishing.

Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, & Sulaeman, N. F. (2018). The development of physics teaching materials based on local wisdom to train Saraba Kawa characters. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130–137.

Hartini, S., Isnanda, M. F., Wati, M., Misbah, M., An’Nur, S., & Mahtari, S. (2018, September). Developing a physics module based on the local wisdom of Hulu Sungai Tengah regency to train the murakata character. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1088, No. 1, p. 012045). IOP Publishing.

Hasim, R., & Faruk, R. A. (2020). Mengkonstruksi nilai-nilai budaya lokal masyarakat ternate melalui pembelajaran muatan lokal. Jurnal Geocivic, 3(1), 266–273.

Iskandar, W. (2019). Analisis kebijakan pendidikan dalam perspektif madrasah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1–22.

Juliani, H. (2020). Analisis yuridis kebijakan keuangan negara dalam penanganan pandemi covid-19 melalui peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2020. Administrative Law and Governance Journal, 3(2), 329–348.

Latifah, N. N. (2019). Pembelajaran muatan lokal bahasa jawa dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di sdn sambiroto 01 semarang. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 149–158.

Ma’unah, S. T., Ulfa, S., & Adi, E. P. (2020). Pengembangan kurikulum muatan lokal sebagai upaya pelestarian budaya seni musik hadrah al-banjari. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 42–48.

Mansur, N. (2012). Urgensi kurikulum muatan lokal dalam pendidikan. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 13(1).

Marheni, N. P., & Suardana, I. N. (2014). Pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis budaya lokal pada pembelajaran sains kimia SMP. Jurnal Wahana Matematika Dan Sains, 8(2), 87–100.

Misbah, M., Hirani, M., Annur, S., Sulaeman, N. F., & Ibrahim, M. A. (2020). The development and validation of a local wisdom-integrated physics module to grow the students’ character of sanggup bagawi gasan masyarakat. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(1), 1-7.

Mutiara, R., Yusuf, S., & Lukman, L. (2019). Pelaksanaan pembelajaran muatan lokal bahasa inggris di sd negeri 25 kota bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(2), 110–119.

Nadlir, N. (2016). Urgensi pembelajaran berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 299-330.

Nasir, M. (2013). Pengembangan kurikulum muatan lokal dalam konteks pendidikan islam di madrasah. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 10(1), 1-18.

Nugroho, L. D., Pawestri, A., & Wardhani, I. S. (2020). Formulasi kebijakan pembentukan kurikulum muatan lokal budidaya dan agribisnis jagung. Veritas et Justitia, 6(2), 476–499.

Nurhayati, Wahyudi, Saputri, D. F., & Trisianawati, E. (2021). The impact of problem-based learning and inquiry models toward students’ science process skills on the vibrations and waves chapter. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1).

Nuritasari, A. L., Wardani, S., & Supartono, S. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Untuk Kegiatan Laboratorium Inkuiri Materi Stoikiometri. Journal of Innovative Science Education, 5(1), 54-62.

Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan modul fisika berintegrasi kearifan lokal membuat minyak lala untuk melatih karakter sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 272-285.

Prastiko, M. N., & Supriyanto, A. (2020). Analisis kebijakan publik dan kebijakan pendidikan. In Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah pada Masa dan Pasca Pandemi Covid-19.

Resy, R., Wati, M., & Misbah, M. (2021). The analysis of students ’ rakat mufakat character through the application of local wisdom-integrated module on heat and temperature topic. Journal of Mathematics, Science, and Computer Eductaion, 1(1), 28–35.

Suparya, I. K. (2020). Pengaruh metode belajar tri kaya parisudha pada pembelajaran ipa bermuatan kearifan lokal terhadap keterampilan berpikir kritis dan religiusitas siswa sekolah dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 17–28.

Thoif, M. (2018). Analisis kebijakan uu no. 20 tahun 2003 tentang sisdiknas. AT-Ta’DIB: Jurnal Kependidikan dan Keagamaan, 2(1), 170–185.

Wahyudi, W, & Lestari, I. (2019). Pengaruh modul praktikum optika berbasis inkuiri terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 5(1), 33–44.

Wahyudi, W., Nurhayati, N., & Saputri, D. F. (2020). The development of optical module based on science process skills. MISEIC 2020.

Wati, M., Putri, M. R., Misbah, M., Hartini, S., & Mahtari, S. (2020). The development of physics modules based on madihin culture to train kayuh baimbai character. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1422, No. 1, p. 012008). IOP Publishing.

Wati, Mustika, Hartini, S., Misbah, M., & Resy, R. (2017). Pengembangan modul fisika berintegrasi kearifan lokal hulu sungai selatan. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 157–162.

Wicaksono, M. A., Sihkabuden, S., & Husna, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran yang berupa suplement pada muatan lokal khas ngawi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 133–140.

Yupani, E., Garminah, & Mahadewi, P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Berbantuan Materi Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPA siswa kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1), 1–12.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v37i1.13175

Article Metrics

Abstract view : 1003 times
PDF - 440 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vidya Karya

Indexed By

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.