PENGARUH PENGGUNAAN HANDOUT DIGITAL PADA SUB KONSEP HEWAN VERTEBRATA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Rusminah Rusminah, Kaspul Kaspul, Nurul Hidayati Utami

Abstract


Vertebrate Animals sub-concept learning involves the characteristics of vertebrates in each class and requires learning materials to overcome students' difficulties. Digital handouts are one of the teaching materials made to facilitate the delivery of material during the learning process, which includes teaching materials, questions, and independent practical instructions that can be used for online and offline learning. This research method uses a quasi-experimental or quasi-experiment to test the effect of using digital handouts on learning outcomes and student responses to the Vertebrate Animal sub-concept. The sampling of this research was carried out by random sampling technique in class X SMAN 4 Banjarmasin, which later became the research sample of 48 students in the experimental class (X MIPA 1) and the control class (X MIPA 2). The learning outcomes data were tested with the SPSS 21 program using the Wilcoxon Signed Ranks Test, while the student responses were analyzed descriptively. The research results, namely, student learning outcomes, indicate that the use of digital handouts affects learning outcomes with the Asymp value. Sig. (2-tailed) of 0.000<0.05. In addition, students' responses to the use of digital handouts received a positive response in classroom learning with an average of 80.57%, which included the category of strongly agree.

Pembelajaran sub konsep Hewan Vertebrata melibatkan ciri karakteristik vertebrata pada setiap kelasnya dan memerlukan bahan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan peserta didik. Handout digital merupakan salah satu bahan ajar yang dibuat untuk dapat mempermudah penyampaian materi pada saat proses pembelajaran yang memuat materi bahan ajar, soal-soal, dan petunjuk praktikum mandiri yang dapat digunakan untuk pembelajaran secara daring maupun luring. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu atau Quasi Experimen dengan tujuan untuk menguji pengaruh penggunaan handout digital terhadap hasil belajar dan respon peserta didik pada sub konsep Hewan Vertebrata. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling di kelas X SMAN 4 Banjarmasin yang kemudian menjadi sampel penelitian sebesar 48 peserta didik kelas eksperimen (X MIPA 1) dan kelas kontrol (X MIPA 2). Data hasil belajar diuji dengan program SPSS 21 menggunakan Uji Wilcoxon Signed Ranks Test, sedangkan respon peserta didik dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian yang diperoleh yaitu hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa penggunaan handout digital berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000<0,05. Selain itu, respon peserta didik terhadap penggunaan handout digital mendapatkan respon yang positif dalam pembelajaran di kelas dengan rata-rata 80,57% yang termasuk kategori sangat setuju.


Full Text:

PDF

References


Agustin, W. N., Suprapto, P. K., & Meylani, V. (2021). Profil pengetahuan dan proses kognitif peserta didik pada sub materi vertebrata. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 13(1), 14-25.

Asiyani, Y. (2019). Pengembangan handout berbasis elektronik menggunakan teknik mnemonik akrostik pada materi keanekaragaman hayati untuk peserta didik kelas X di SMA/MA (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Ayuningtyas, T., Putra, A. P., & Utami, N. H. (2022). Pengaruh modul digital pada culture literacy digital wetland (CLDW) Konsep jamur terhadap keterampilan generik sains siswa. Vidya Karya, 37(1), 9-15.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan pembelajaran 4 pilar peningkatan kompetensi pedagogis. Parepare: CV. Kaaffah Learning Center.

Hasri, A., & Sulastry, T. (2018). Pengaruh penggunaan LKPD terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Maros (studi materi pokok hidrolisis garam). Chemistry Education Review (CER), 2(1), 1-9.

Hermawati, Y., Hastuti, U. S., & Lukiati, B. (2017). Pengembangan handout biologi SMA "pembuatan nata sari buah nangka". Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1212-1214.

Lestari, Y. (2021). Pengembangan handout digital berbasis STEM pada mata kuliah pendahuluan fisika inti di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya. Sriwijaya University Institutional Repository, 1-6.

Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Putra, A. P., & Utami, N. H. (2022). Implementasi CLDW peningkatan keterampilan generik sains pada pembelajaran biologi di SMA. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 7(April), 238–242.

Putra, A. P., Utami, N. H., Kaspul, K., & Huldani. (2021). CLDW : Worksheet application for developing science generic skills and learning outcomes. Review Of Interantional Geographical Educationtional Geographical Education, 11(9), 1226–1233.

Rahmawati, H., Edie, S. S., & Khumaedi. (2019). Penerapan handout dalam model pembelajaran learning cycle 7E untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Unnes Physics Education Journal, 8(1), 76-82.

Rusdiana, C., Kaspul, & Utami, N. H. (2022). Using flipbook maker to create science process oriented electronic handout. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 7(2), 154-159.

Sujarweni, V. W., & Endrayanto, P. (2012). Statistika untuk penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Utami, N. H., Kaspul, K., Mispa, R., Aprilliana, I., & Jannah, N. (2021). Bimbingan teknis representasi visual pada pembelajaran biologi sma secara kolaboratif. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 255-261.

Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 11-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v37i2.14161

Article Metrics

Abstract view : 619 times
PDF - 321 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vidya Karya

Indexed By

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.