PROFIL SIKAP ILMIAH MAHASISWA CALON GURU FISIKA PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM RANGKAIAN LISTRIK SEARAH

Citra Asmara Dewi, Abidin Pasaribu, Saparini Saparini, Widya Rahmatika Rizaldi

Abstract


The research aimed to analyse the scientific attitude profile of prospective physics teacher students in the Physics Experiment II course for Direct Electric Circuits. This research is qualitative research with a descriptive method. The research subjects are students of the Physics Education Study Program, Sriwijaya University, in the academic year 2021/2022, for the Palembang class. The selection of research samples using a purposive sampling technique for 25 students. The data collection techniques used in this study were observation, self-assessment questionnaires, peer-to-peer assessment questionnaires, and unstructured interviews. Each questionnaire contains 25 statements with four answer categories to produce polytomy data. The data analysis technique of this research uses the Rasch model with the help of the Winstep application. The results of the study showed that the scientific attitude of curiosity was 83.33 in very good category; the honest scientific attitude of 58.33 category enough; the scientific attitude of critical thinking is 75.33 good category; the scientific attitude of cooperation is 83.33 very good category; the scientific attitude of the discipline of 100 categories is very good; and a thorough scientific attitude of 100 very good categories. The causes of low honest scientific attitude in students are caused by low self-confidence and errors in understanding and concluding statements.

Penelitian bertujuan menganalisis profil sikap ilmiah mahasiswa calon guru fisika pada mata kuliah Praktikum Fisika Dasar II materi Rangkaian Listrik Searah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian yaitu Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya tahun akademik 2021/2022 kelas Palembang. Adapun pemilihan sampel penelitian menggunaka teknik purposive sampling kepada 25 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, angket penilaian diri, angket penilaian antar teman, dan wawancara tidak terstruktur. Angket masing-masing memuat 25 pernyataan dengan 4 kategori jawaban sehingga menghasilkan data politomi. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sikap ilmiah rasa ingin tahu sebesar 83,33 kategori baik sekali; sikap ilmiah jujur sebesar 58,33 kategori cukup; sikap ilmiah berpikir kritis sebesar 75,33 kategori baik; sikap ilmiah kerjasama sebesar 83,33 kategori baik sekali; sikap ilmiah disiplin sebesar 100 kategori baik sekali; dan sikap ilmiah teliti sebesar 100 kategori baik sekali. Adapun penyebab rendahnya sikap ilmiah jujur pada mahasiswa disebabkan oleh rendahnya percaya diri dan terjadi kekeliruan dalam memahami serta menyimpulkan pernyataan.


Full Text:

PDF

References


Djufri, E., Ardhian, T., & Rezkita, S. (2018). Pengaruh Subject specific pedagogy IPA berbasis lab work terhadap sikap rasa ingin tahu dan teliti siswa. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 172. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.3066.

Apriliani, D. N. M. P., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 122. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17390.

Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 38–46. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.233

Harlen, W. (2018). The teaching of science in primary schools. London: David Fulton Publishers.

Kartikasari, S. E., & Sukwika, T. (2021). Disiplin keselamatan dan kesehatan kerja melalui pemakaian alat pelindung diri (APD) di laboratorium kimia PT Sucofindo Jakarta. VisiKes Jurnal Kesehatan, 20(1), 41–50.

Mafudi, I., & Handhika, J. (2018, May). Profil analisis kebutuhan pengembangan media praktikum gerak lurus untuk meningkatkan keterampilan proses sains. In Quantum: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (pp. 223-227).

Murdani, E. (2020). Hakikat fisika dan keterampilan proses sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 72–80.

Nana Hendracipta. (2016). Menumbuhkan sikap ilmiah siswa sekolah dasar melalui pembelajaran IPA berbasis inkuiri. Jpsd, 2(1), 109–116.

Negoro, R. A., Ningtyas, R. I., Hartono, & Supriyadi. (2019). Menentukan nilai koefisien gesek statis melalui alat peraga gaya sentripetal untuk menumbuhkan sikap ilmiah siswa. Risalah Fisika, 3(2), 27–31. https://doi.org/10.35895/rf.v3i2.135.

Purwanti, S., & Manurung, S. (2015). The analyze effects of learning model problem solving scientific attitude and learning outcomes of physics. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 57–62.

Putri, S. B., & Akhlis, I. (2018). Pembelajaran inkuiri terbimbing melalui kegiatan lab virtual dan eksperimen riil untuk peningkatan penguasaan konsep dan pengembangan aktivitas siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(1), 14–22.

Rozaini, N., & Anti, S. D. (2017). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin siswa terhadap prestasi belajar siswa. Niagawan, 6. https://doi.org/10.25134/equi.v14i02.1128.

Surajiyo, & Sriyono. (2017). Struktur pengetahuan ilmiah dan sikap ilmiah ilmuwan. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar" Keluarga Alumni Universitas Indraprasta PGRI,,1(1),12-22.

Waddington, C. H. (2017). The scientific attitude. Routledge.

Widayanti, W., Yuberti, Y., Irwandani, I., & Hamid, A. (2018). Pengembangan lembar kerja praktikum percobaan melde berbasis project based learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 24–31. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10908.

Widiadnyana, I. W., Sadia, I., & Suastra, I. (2014). Pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2), 1–13.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v37i2.14589

Article Metrics

Abstract view : 292 times
PDF - 130 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vidya Karya

Indexed By

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.