ANALISIS WACANA IKLAN RADIO GEMA FM BANJARMASIN

Fithratun Nisa

Abstract


Abstract: This study aimed to describe the discourse structure of Gema FM radio ad in Banjarmasin, including: (1) The headline, (2) body and (3) close. This research is a qualitative descriptive method. The result showed that the Gema FM radio ad Banjarmasin has three discourse structures, namely: the main item, advertising agencies, and cover advertising. (1) The main point of the ad is divided into five types, namely: (a) the proposition that emphasizes profit potential consumers, such IM3 murahnya menemani tiap hari, (b) the proposition that arouse the curiosity of potential consumers, such as Kalau mau mengecat ulang pagar halaman rumah, tembok, dan dinding pakai cat Dana Paint aja!, (c) proposition in the form of questions that require more attention, such as Mau gratis nelpon ke sesama Telkomsel plus 100 sms ke semua operator?, (d) proposition who gave the command or commands to prospective customers such as Antangin !, and (e) proposition that makes consumers particularly interested, like Mom, there is an info for you !. (2) The advertising agency is divided into three types, namely: (a) the body part that proposition it contains subjective reasons, such as Ultra-Flu Extra !, Bujur-bujur harat (b) the body part that the proposition contains objective reasons, as we could get 5000 SMS to all operators every day for free !, and (c) the body part that the proposition contains a mix of objective and subjective reasons, such as Buat loe yang pengen gaya and tambah gaul kudu pakai Quick Silver, Roxy, and DG! Ray Surf big sale, diskon sampai 80%, loh!. (3) closing ad is divided into four types, namely: (a) the development of the hard and soft techniques, such as Ayo, nikmati murahnya IM3 seharian! Murah itu IM3!, (b) software development techniques, such as Kualitas terbaik hanya satu, beras JDR!, (c) development with a mix of software engineering and passive items, like Untuk informasi, hubungi Mila di 0511-7505044. Pesona Cipta Balon untuk acara yang meriah dan berkesan! and (d) development with a mix of hard engineering and passive items, such as Ayo, buruan belanja fashion ke Ray Surf  Duta Mall lantai 3 blok b12 d15!.

 

Keywords: discourse structure ads, and radio ads

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur wacana iklan di radio Gema FM Banjarmasin, meliputi: (1) butir utama (headline), (2) badan (body), dan (3) penutup (close). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif  dengan metode deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa iklan radio Gema FM Banjarmasin memiliki tiga struktur wacana, yaitu: butir utama, badan iklan, dan penutup iklan. (1) Butir utama iklan terbagi menjadi 5 jenis, yaitu: (a) proposisi yang menekankan keuntungan calon konsumen, seperti IM3 murahnya menemani tiap hari,        (b) proposisi yang membangkitkan rasa ingin tahu calon konsumen, seperti Kalau mau mengecat ulang pagar halaman rumah, tembok, dan dinding pakai cat Dana Paint aja!,      (c) proposisi berupa pertanyaan yang menuntut perhatian lebih, seperti Mau gratis nelpon ke sesama Telkomsel plus 100 sms ke semua operator?, (d) Proposisi yang memberi komando atau perintah kepada calon konsumen, seperti Dapatkan obat batuk herbal Antangin!, dan   (e) Proposisi yang membuat konsumen khusus tertarik, seperti Bu, ada info untuk Anda!.    (2) Badan iklan terbagi menjadi 3 jenis, yaitu: (a) bagian badan yang proposisinya berisi alasan subjektif, seperti Ultra Flu Ekstra bujur-bujur harat!, (b) bagian badan yang proposisinya berisi alasan objektif, seperti kita bisa dapat gratis 5000 sms setiap hari ke semua operator!, dan (c) bagian badan yang proposisinya berisi campuran alasan objektif dan subjektif, seperti Buat loe yang pengen gaya and tambah gaul kudu pakai Quick Silver, Roxy, and DG! Ray Surf big sale, diskon sampai 80%, loh!. (3) Penutup iklan terbagi menjadi 4 jenis, yaitu: (a) pengembangan dengan teknik keras dan lunak, seperti Ayo, nikmati murahnya IM3 seharian! Murah itu IM3!, (b) pengembangan dengan teknik lunak, seperti Kualitas terbaik hanya satu, beras JDR!, (c) pengembangan dengan campuran teknik lunak dan butir-butir pasif, seperti Untuk informasi, hubungi Mila di 0511-7505044. Pesona Cipta Balon untuk acara yang meriah dan berkesan!, dan (d) Pengembangan dengan campuran teknik keras dan butir-butir pasif, seperti Ayo, buruan belanja fashion ke Ray Surf  Duta Mall lantai 3 blok b12 d15!.

 

Kata kunci: struktur wacana iklan, dan iklan radio

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v31i1.3972

Article Metrics

Abstract view : 731 times
PDF - 920 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Vidya Karya

Indexed By

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.