PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL PROBING PROMPTING DAN MEDIA REALITA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Darmiyati Darmiyati, Riwi Noor Hasanah

Abstract


Abstract. The reaearch aims to know the activities of teachers, student activities, and student learning outcomes on solving the simple fractional materials by applying Explicit Instruction model combined with Probing Prompting model and Reality media. The research was carried out in grade III elementary school of 4 Sungai Ulin Banjarbaru by using 26 students as the research subject . The research use qualitative and the type of the research is classroom action research (CAR). This research was conducted by collaborators who are following the steps  of planning, implementation, observatin, and reflection. The  study was conducted in 2 cycles and each cycle consisted of 2 meetings. The data were collected through interviews, and tests. The data analysis used in this research is qualitative and quantitative. The results showed that student learning outcomes increased after each topic was given by administering testsand non test by observing teacher and students in learning mathematics.

 

Keywords: student learning outcome, explicit instruction, probing prompting, realita media, simple fractional,

.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi memecahkan soal pecahan sederhana dengan menerapkan model Explicit Instruction dikombinasikan dengan model Probing Prompting dan media Realita. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 4 Sungai Ulin Banjarbaru dengan jumlah siswa 26 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dibantu oleh kolaborator yang mengikuti langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah setiap topik pembelajaran diberikan perbaikan dalam bentuk pemberian tes dan non tes berupa observasi guru dalam melaksanakan pembelajaran dan observasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Matematika.

 

Kata Kunci: hasil belajar, explicit instruction, probing prompting, media realita, pecahan sederhana.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono dan Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah, dan Nurdin, M. (2014). Belajar Dengan Pedekatan PAI-KEM: Pembelajaran aktif, Inovatif, Kreatif, efektif , Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Ikawati, A. (2010). Penggunaan Media Realia Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Luas dan Keliling Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV SDN 01 Ngadiluwih Kecamatan Matesih Kabupaten Karang Anyar. Skripsi thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Musakkir, M. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Kabupaten Tanah Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar. 6(1), 36-47.

Rukmini, M. (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Probing Prompting Pada Mata Pela-jaran Matematika Dikelas III SDN Bandung Kulon Kec. Astana Anyar Kota Bandung. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: S1 PGSD Universitas Pendidikan Indonesia

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana prenda media group

Tohirin.(2013). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wati, D. E., Purnomo, E., Darsono, D. (2013). Analisis Komparatif Pembelajaran Probing Prompting Dan Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Studi Sosial. 1(5). 1-10.

Yuliana, N.D. & Budianti, Y. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Konkret terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar Negeri Babelan Kota 06 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Pedagogik, 3(1), 34-40.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v32i2.5231

Article Metrics

Abstract view : 1551 times
PDF - 1475 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Vidya Karya

Indexed By

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.