UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU MENGAJAR MELALUI PEMBINAAN KONSEP DAN IMPLEMENTASI MEDIA PRESENTASI MICROSOFT POWERPOINT DI SMA NEGERI 1 BANJARMASIN.

Hartini Hartini

Abstract


Abstract. Currently, there are more teachers who only use textbooks as the only medium of teaching and learning. For this reason, an alternative solution is needed by developing Microsoft PowerPoint as a teaching and learning medium. The objectives of the study are to develop positive attitudes and generate teachers’ interest in the use of informatics education media into teaching and learning activities. The research used school action research method conducted in 2 cycles. The data was analyzed by using percentage technique and was qualitatively descripted. The results showed that the performance of teachers in teaching by making, presenting material using the media presentation of MicrosoftPowerPoint in SMAN 1 Banjarmasin is categorized as active and very good. The lowest score for the assessment of teaching activities is 59 (81.94%) and the highest is 70 (97.22%). While the lowest value for the assessment of manufacture and presentation is 52 (86.66) and the highest is 60 (100%).

 

Keywords: teacher performance, presentation media, Microsoft PowerPoint

 

Abstrak. Saat ini masih banyak guru yang hanya menggunakan buku pelajaran sebagai satu-satunya media pembelajaran. Untuk itu perlu alternatif pemecahan masalah dengan mengembangkan Microsoft PowerPoint sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sikap positif dan membangkitkan minat guru terhadap penggunaan media pendidikan informatika ke dalam kegiatan proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sekolah dengan 2 siklus. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja guru dalam mengajar dengan membuat dan menyajikan materi menggunakan media presentasi microsoft powerpoint di SMA Negeri 1 Banjarmasin termasuk kedalam kategori aktif dan sangat baik. Nilai terendah untuk penilaian kegiatan mengajar 59 (81,94%) dan tertinggi 70 (97,22%), sedangkan nilai terendah untuk penilaian pembuatan dan penyajian 52 (86,66) dan tertinggi 60 (100%). 

 

Kata Kunci : kinerja guru,  media presentasi, Microsoft Powerpoint.


Full Text:

PDF

References


Endrawati, N.N. & Suartana, I.K. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Power Point Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Tabanan. Jepun: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1), 1-16.

Harjanto. (1997). Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner. London: Springer.

Mukhlis, M. (2008). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Orhan. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Media Power Point. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 19-23.

Permatasari, A. A. (2014). Pengaruh Penggunaan Multimedia Powerpoint Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 19-23.

Sadiman, S.A. dkk (2003). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta. Kencana.

Soramiranda, N., Ningsih, K., & Panjaitan, R.G.P. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Powerpoint Disertai Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di Kelas VII SMPN 2 Ketapang. Jurnal Lensa, 6(2), 77-83

Sujatmoko, D. (2006) MS Power Point Sebaga MediaPembelajaran Inovatif di Kelas, CV. Kanisius ; Yogyakarta Rineka Cipta.

Yulianti. (2017). Pengembangan Media Presentasi Visual Dengan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 231-242.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v32i2.5235

Article Metrics

Abstract view : 461 times
PDF - 823 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Vidya Karya

Indexed By

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.