PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU UNO PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Yunita Sari, Gusti Hadiatus Solehah, Mohan Taufiq Mashuri

Abstract


learning outcomes in hydrocarbon material. The research subjects were 40 tenth grade students from  X 2 and X 4 class of SMA KORPRI Banjarmasin. This study used a quasi-experimental design by implementing nonequivalent control group design. Experimental class was taught by using UNO card game media, while control class used direct instruction without applying media. The data were collected using multiple-choice test and statistically analyzed using the t- test. The results showed that there were differences in the learning outcomes of the experimental and control group students. Students who are taught using the UNO card game media obtain better learning outcomes than students who are taught by direct learning.

 

Keywords: UNO card media, learning outcome, hydrocarbon.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan kartu UNO terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon. Subjek penelitian adalah 40 orang siswa kelas X 2 dan X 4 SMA KORPRI Banjarmasin . Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen berupa nonequivalent control group design. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan permainan kartu media UNO, sedangkan kelas kontrol menggunakan pengajaran langsung tanpa menggunakabn media.  Data dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda dan dianalisis statistik menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kontrol. Siswa yang dibelajarkan menggunakan media permainan kartu UNO memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibanding siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung.

 

Kata kunci: media permainan kartu UNO, hasil belajar, hidrokarbon

Full Text:

PDF

References


Mashami, R. A., Andayani, Y., & Sofia, B. F. D. (2014). Pengembangan Media Kartu Koloid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 13(4), 407-414.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Khairunnisak. (2015). Penggunaan Media Kartu Sebagai Strategi Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan: Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rukoh Banda Aceh. Jurnal Pencerahan, 9(2), 66-82.

Sari, R. R., & Lutfi, A. (2015). Kelayakan Permainan UNO Card Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pokok Struktur Atom. UNESA Journal of Chemical Education, 4(2), 186-194.

Setyarini, M., Liliasari., Kadarohman, A., & Martoprawiro, M, A. (2017). Efektivitas Pembelajaran Stereokimia Berbasis Visualisasi 3D Molekul untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 91-101.

Hergenhahn, C. R., & Matthew, H. O. (2010). Teori Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Siswaningsih, W., Anisa, N., Komalasari, N. E., & R. Indah (2014). Pengembangan Tes Diagnostik Two-Tier Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Pada Materi Kimia Siswa SMA. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 117-127.

Zidny, R., Sopandi, W., & Kusrijadi, A. (2013). Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMA Kelas X pada Materi Persamaan Kimia dan Stoikiometri Melalui Penggunaan Diagram Submikroskopik Serta Hubungannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1(1), 27-36.

Bestari, D., D. Yulianti., & P. Dwijananti. (2013). Starter Experiment Approach (SEA) Berbantuan Games pada Mata Pelajaran IPA Fisika untuk Mengembangkan Karakter Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 3(1), 24-29.

Estiani, W., Widiyatmoko, A., & Sarwi. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Uno untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa Kelas VIII Tema Optik. Unnes Science Education Journal, 4(1), 711-719.

Youngkyun, B., Yan, X., Sanghoon, H., & Jungwon, C. (2015). Exploring Effects of Instrinsic Motivation and Prior Knowledge on Student Achievement in Game-based Learning. Smart Computing Review, 5(5), 368-377.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v33i1.5391

Article Metrics

Abstract view : 3052 times
PDF - 6462 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Vidya Karya

Indexed By

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.