KECERDASAN EMOSIONAL, PERHATIAN ORANG TUA, KEBIASAAN BELAJAR, DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Sanjaya Sandana, Suaedi Suaedi, Djadir Djadir

Abstract


Abstract. This study aims to describe the effect of emotional intelligence, parents’ attention, and mathematics learning habits on students' achievement in mathematics, both simultaneously and partially. This study is an ex post facto research that is correlational. The subjects of the study were students of Class XI of SMK 1 Tomoni. Sampling was done by cluster random sampling technique. The data were analyzed by descriptive and inferential statistical techniques. The results showed that there was a positive effect of emotional intelligence, parents’ attention, and mathematics learning habits on students' achievement in mathematics, both simultaneously and partially.

 

Keywords: emotional intelligence, parents’ attention, mathematics learning habits, students' achievement in mathematics.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kecerdasan emosional, perhatian orang tua, dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bersifat korelasional. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Tomoni. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional, perhatian orang tua, dan kebiasaan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa, baik secara simultan maupun secara parsial.

 

Kata kunci: kecerdasan emosional, perhatian orang tua, kebiasaan belajar matematika, prestasi belajar matematika.

Full Text:

PDF

References


Badrullah, Asdar, dan Rahyuddin. (2016). Metode Penelitian. Makassar: Kretakupa.

Busra, Idris, M., & Ismaimuza, D. (2016). Pengaruh Pengetahuan Awal, Kecerdasan Emosional dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah Di Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli. Aksioma; Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 424-432.

Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(2), 243-255

Dimyati, M. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Goleman, D 2005. Emotional Intelegence. Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Terjemahan oleh T. Harmaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. 2009. Emotional Intelligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rahayu, M.M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Elementary Education, 4(1), 39-45.

Sayfudin, M.N. (2015). Pengaruh Kebiasaan dalam Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran terhadap Prestasi Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Schaffolding, 4(1), 52-59.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sutrisno, V.L.P. & Siswanto, B.T. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111-120.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v33i1.5416

Article Metrics

Abstract view : 683 times
PDF - 2404 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Vidya Karya

Indexed By

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.