PENGARUH PENERAPAN PEER ASSESSMENT MELALUI MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID

Rudi Rudi, Herlina Apriani, Rr Ariessanty Alicia

Abstract


Abstract. This study aimed to examine the effectiveness of the application of peer assessment through mind mapping on student learning outcomes in the topic of colloidal system. This quasi-experimental study was conducted at the Madrasah Aliyah Raudhatussyuban with two classes as the research sample, namely the MIA 1 class as the experimental class and the MIA 2 class as the control class. The data collection technique uses 25 questions of objective tests with 5 options. The research data collected was analyzed using the Mann Whitney U test with the help of SPSS. The results of data analysis show that there is an effect of applying peer assessment through mind mapping on student learning outcomes.

 
Keywords: Learning outcomes, peer assessment, mind mapping, colloidal system.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan peer assessment melalui mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koloid. Penelitian quasi experiment ini di Madrasah Aliyah Raudhatussyuban dengan melibatkan 2 kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes obyektif berjumlah 25 nomor dengan 5 pilihan jawaban. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan uji mann whitney u dengan bantuan SPSS. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan peer assessment melalui mind mapping terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Hasil belajar, peer assessment, mind mapping, sistem koloid.

Full Text:

PDF

References


Apriyanto, D., Mulyani, S., & Susanti, E. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Dan Kemampuan Memori Siswa Terhadap Prestasi Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Hukum-Hukum Dasar Kimia Pada Siswa Kelas X Semester Gasal di SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 1-10.

Arnyana, I. B. P. (2007). Pengembangan Peta Pikiran untuk Peningkatan Kecakapan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksha, 40(3), 670-683.

Buzan, T. (2009). Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta; gramedia.

Brown, S., Rust, C. & Gibbs, G. (1994). Involving Students in the Assessment Process, in Strategies for Diversifying Assessments in Higher Education, Oxford: Oxford Centre for Staff Development, and at Deliberations.

Dwetasari, M., Y. (2011). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Peer Assessment (Penilaian Teman) pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN Kebak kramat Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Sarjana. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Jones, B. D., Ruff, C., Snyder, J. D., Petrich, B., & Koonce, C. (2012). The Effects of Mind Mapping Activities on Students’ Motivation. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 6,(1), 1-21.

Muhammad, S., Solfarina, & Ratman, (2015). Mind Mapping dalam Pembelajaran Struktur Atom Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Palu. Jurnal Akademika Kimia, 4(3), 116-122.

Parikh, N.D. (2016). Effectiveness of Teaching through Mind Mapping Technique. The International Journal of Indian Psychology, 3(3), 148-156.

Permana. (2014). Penerapan Peer Assesment dalam Penilaian Kinerja Siswa pada Kegiatan Praktikum Materi Ciri-ciri Makhluk Hidup. Skripsi Sarjana. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Silaban, R. & Napitupulu, M. A. (2012). Pengaruh Media Mind Mapping terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran menggunakan Advance Organizer. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 1-9.

White, E. (2009). Student Perspectives of Peer Assessment for Learning in a Public Speaking Course. Asian EFL Journal. 33(2), 1-30.

Wijayanti, A. (2017). Efektivitas Self Assessment dan Peer Assessment Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Realita, 15(2), 1-14.

Zulharman. (2007). Self dan Peer Assessment sebagai Penilaian Formatif dan Sumatif. Skripsi Sarjana. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v33i2.5560

Article Metrics

Abstract view : 760 times
PDF - 630 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Vidya Karya

Indexed By

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.