TARI TRADISIONAL BEKU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ASAM BASA

Natalia Peni, Melania Priska, Maria Fatima Mei, Agnes Pendy

Abstract


Abstract. This study aims to improve student learning outcomes in chemistry learning by using Beku traditional dance as the learning medium. This descriptive quantitative study uses one group pretest-posttest design. The sample of this study was 30 semester I students of the Mathematics Education Study Program at the University of Flores. The results of the study showed that (1) the completeness of student chemistry learning outcomes reached 93%, (2) the student response to category learning was very good. This shows that frozen traditional dance can be an effective learning medium in learning the chemistry of acid-base material.


Keywords: base acid, learning media, beku traditional dance

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran kimia dengan menggunakan tari tradisional beku sebagai media pembelajaran. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ketuntasan hasil belajar kimia mahasiswa mencapai 93%, (2) respon mahasiswa terhadap pembelajaran berkategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa tari tradisional beku dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran kimia materi asam basa.

 

Kata Kunci: asam basa, media pembelajaran, tari tradisional beku

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech; Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 9-20.

Frisca, S. & Achmad, L. (2014). Permainan Tarian Tradisional Selibur sebagai Media Pembelajaran Struktur Atom pada Siswa SMA Negeri Jombang. Prosiding Seminar Nasional Kimia. ISBN: 978-602-0951-00-3.

Gasiyah. (2015). Media Pembelajaran Interaktif Seni Tari Serampi Menggunakan Media Adobe Flash CS5. Prosiding Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta 2015. . ISBN: 978-602-73690-3-0.

Mardhiah, A. &Akbar, S.A. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49-58.

Nur, M. A. (2016). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Konsep Diri, Persepsi tentang Matematika melalui Motivasi Belajar Kelas VIII SMPN di Kecamatan Ujung Kulon Kabupaten Bulukumba. Jurnal Matematika Dan Pembelajarannya, 2(2), 64-79.

Nweby, J. T., Stepich, A. D., Lehman, D. J., Russel, D. J., & Leftwich, O. A. (2011). Educational Technology for Teaching and Learning. Boston: Pearson Education, Inc.

Permatasari, A.I, Mulyani, B., & Nurhayati, N.D. (2014). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Joyful Learning dengan Metode Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1), 117-122.

Rahmawati, E.D., Herawati, I.S, & Harini, N. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Tari Topeng Patih Senggreng dalam Pembelajaran Seni Tari Kelas VIII Kompetensi Ekspresi Berupa VCD Di SMP Negeri 2 Sumber Pucung. Jurnal online um, 2(1), 1-13

Ratumanan, T. G. & Laurens, T. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Unesa.

Ristiyani, E. & Bahriah, E.S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18-29.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2009). Media Pengajaran. Bandung:Sinar Baru Algensindo.

Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30-46.

Weeklyline.net. (2016). Menari Beku Menunjukkan Identitas Orang Lembata. Diakses Tanggal 10 Juni 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v34i1.5622

Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Vidya Karya

Indexed By:

               

 

 

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.