IMPLEMENTASI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN ALAT SEDERHANA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA

Alberto Y.T. Allo, Sri Rosepda Br Sebayang

Abstract


Abstract. This study aimed at finding out the effectivity of Guided Discovery Learning (GDL) model using simple equipment on students’ concept understanding. This is a one-shot case study of pre-experimental design study. Subject of the study is all of the students who programmed Physics Experiment I Course in Papua University. The data collection was conducted through observation using an assessment rubric. The study result showed that: (1) the simple equipment designed by students was in very good category with the mean score of 92,43%, (2) students’ worksheet (LKPD) was in very good category with the mean score of 88,70%, (3) students’ concept understanding was in very good category with the mean score of 89,08%, and (4) students’ perception on GDL implementation was in very good category with the mean score of 79,71%

 

Keyword: guided discovery learning, concept understanding, simple equipment

 

Abstrak.  Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas model pembelajaran Gudided Discovery Learning (GDL) menggunakan alat sederhana terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental desaign jenis one-shot case study. Subjek Penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang memprogram mata kuliah Eksperimen Fisika 1 Universitas Papua yang berjumlah 6 orang.  Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi menggunakan rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) alat sederhana yang dirancang oleh mahasiswa berkategori sangat baik, dengan nilai rata-rata 92,43%, (2) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berkategori sangat baik  dengan nilai rata-rata 88,70%, (3) pemahaman konsep mahasiswa berkategori sangat baik dengan nilai rata-rata 89,08%, dan (4) presepsi mahasiswa terhadap implementasi GDL berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 79,71%.

 

Kata kunci: guided discovery learning, pemahaman konsep, alat sederhana

Full Text:

PDF

References


Agus, M. (2007). Alat Peraga Sederhana Multifungsi untuk Pembelajaran Geogerafi. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2(2), 90-94.

Allo, A. Y., Jadmiko, B., & Agustina, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Guided Discovery Learning Menggunakan Alat Sederhana untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 5(1), 769-778.

Carin, A. A. (1993). Teacher Science Through Discovery, 7th ed. New York: Macmillan Publishing Company.

Hartono & Oktafianto, W.R. (2014). Keefektifan Pembelajaran Praktikum IPA Berbantu LKS Discovery untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains. Unnes Physics Education Journal, 3(1), 16-22.

Johnson, N. (2012). Teacher’s and student’s perceptions of problem solving difficulties in physics. International Multidiciplinary e-Journal, 1(5), 97-101.

Kilpatrick, J., & Findell. (2001). Adding It Up Helping Children Learn Mathematics. Washington DC: National Academy Press.

Lindawati, Siska, D. F., & Arif, M. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik MAN I Kebumen. Radiasi , 3(1), 42-45.

Purnomo, Y. Hendra, Mujasam, & Yusuf Irfan. (2016). Penerapan Model Guided Discovery Learning pada Materi Kalor Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VII SMPN 13 Prafi Manokari Papua Barat. Jurnal Pancaran, 5(2), 1-14.

Rambe, F.A., & Sani, R.A. (2014). The Effect of Guided Discovery Learning Model on The Student’s Achievement in Physics of VII Grade in SMP N 1 Tebing Tinggi Academic Year 2013/2014. Jurnal Inpafi, 2(3), 89-94.

Saputri, & Dewi. (2014). Pengembangan Alat Peraga Sederhana Eye Lens Tema Mata Kelas VIII untuk Menumbuhkan Keterampilan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia JPII, 3(2), 109-115.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, 3(2), 165-174.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Widyaningsih, S. W. (2011). Pembentukan Karakter Bertanggung Jawab dan Rasa Ingin Tahu Melalui Penerapan Model Quantum Learning dengan Menggunakan Media Alat Peraga Sederhana pada Pembelajaran Fisika. Integritas Pendidikan Berkarakter dalam Kurikulum MIPA (pp. 297-309). Padang: FMIPA Universitas Negeri Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v33i2.5642

Article Metrics

Abstract view : 693 times
PDF - 421 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Vidya Karya

Indexed By

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.