KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN, ADVERSITY QUOTIENT, SIKAP TERHADAP MATEMATIKA, PERSEPSI TENTANG CARA MENGAJAR GURU, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Abstract. This ex post facto study aimed to reveal the influence of divergent thinking skills, adversity quotient, attitudes toward mathematics, and perceptions of how mathematics teachers teach on learning outcomes and motivation to learn mathematics. The population of this study was all of eighth graders of Public Junior High School (SMPN) in the whole Sub District of North Wara, Palopo City. The sample was determined by cluster random sampling. The instruments used were questionnaires and tests. The research data were analyzed by using SPSS statistical data processing program. The results showed that divergent thinking skills, adversity quotient, attitudes toward mathematics, and perceptions of how mathematics teachers teach, together or partially, had a significant effect on mathematics learning outcomes and motivation to learn mathematics of Public Junior High School 8th graders in the whole District of North Wara, Palopo City.
Keywords: Divergent Thinking skills, Adversity Quotient, Attitudes toward mathematics, Perception, Motivation, and mathematics learning outcomes.
Abstrak. Penelitian ex post facto ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh kemampuan berpikir Divergen, adversity quotient, sikap terhadap matematika, dan persepsi terhadap cara mengajar guru matematika terhadap hasil belajar dan motivasi belajar matematika. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN se-Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo. Penentuan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes. Data dianalisis menggunakan program pengolahan data statistik SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir divergen, adversity quotient, sikap terhadap matematika, dan persepsi tentang cara guru matematika mengajar secara bersama-sama maupun secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap hasil dan motivasi belajar matematika pada siswa Kelas VIII SMPN se-Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo.
Kata Kunci: Berpikir divergen, adversity quotient, sikap, persepsi, motivasi, dan hasil belajar matematika.
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Suharti, & Rahman, U. (2017). Persepsi Siswa Tentang Guru Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematik. Jurnal Al Qalam, 23(2), 313-323.
Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.
Khaerunnisa, E. (2016). Studi Deskriptif Adversity Quotient Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Berdasar Jenis Kelamin dan Kemampuan Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 9(1), 83-92.
Leonard & Amanah, N. (2014). Pengaruh Adversity Quotient (AQ) dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar Matematika. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 55-64.
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno, E. (2016). Pengembangan Berpikir Divergen Dan Kritis Melalui Soal Terbuka. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 3(1), 15-26.
Ratumanan & Laurents, T. (2010). Penilaian Hasil Belajar berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Unesa Press.
Rukmana, I., Hasbi, M., & Paloloang, B. (2016). Hubungan Adversity Quotient dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(3), 325-333.
Sartika, W.O., & Zamsir (2013). Pengaruh Persepsi tentang Cara Mengajar Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sawerigadi Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1),
Shaleh, A. R. (2009). Psikologi : Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta : Kencana.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.
Sutrisno, V.L.P. & Siswanto, B.T. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111-120.
Setiadi, B.A. & Setyawan, I. (2013). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Gaya Mengajar Dengan Motivasi Berprestasi Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMA Negeri 5 Semarang. Jurnal Empati, 4(2), 1-13.
Vargas, Julie S. (2009). Behavior analysis for effective teaching. New York: Routledge.
Widayatun, T. R. 1999. Ilmu Prilaku. Jakarta: CV. Sagung Seto
Zainuddin. (2011). Pentingnya Adversity Quotient Dalam Meraih Prestasi Belajar. Jurnal Guru Membangun, 26(2), 1-10.
Zakyah, N., Tiro, M.A., & Side, S. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Divergen, Kemampuan Metakognisi, dan Efikasi Diri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Bone. Prosiding Seminar Nasional Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi Teori dan Aplikasi Statistika 2018 (page 97-109). Makassar: Universitas Negeri Makassar.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v33i2.5800
Article Metrics
Abstract view : 1357 timesPDF - 1031 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Vidya Karya
Indexed By
Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.