PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MEMBINA KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA

Arbainah Arbainah

Abstract


Abstract: This study aims to determine the effectiveness of the application of the jigsaw type of cooperative learning model to train the character of responsibility and improving student mathematics learning outcomes. This research type is quasi experiment with One-Group Times Series Design. The research subjects were 30 eighth grade Junior High School (SMP) students. Research data collection was carried out through tests and observations. The results of the study showed: (1) the character of student responsibility which “became a habit” of 16.67%; “had developed” by 20.00%; and “began to grow” by 63.33%, (2) the average score of student learning outcomes in the final test was 80.00 with good qualifications.

 

Keywords: Responsibility character, jigsaw

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam membina karakter tanggung jawab dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan One-Group Times Series Desain. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VIII SMP yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data penelitian dilaksanakan melalui tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) karakter tanggung jawab siswa yang ”menjadi kebiasaaan” sebesar 16,67%; ”sudah berkembang” sebesar 20,00%, dan ”mulai berkembang” sebesar 63,33%, (2) skor rata-rata hasil belajar siswa pada tes akhir sebesar 80,00 dengan kualifikasi baik.

 

Kata kunci: karakter tanggung jawab, jigsaw

Full Text:

PDF

References


Adimassana & Rusmawan (2016). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada mata Pelajaran IPS SD. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), 20(2), 174-181

Aly, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Karakter Berbasis Soft Skills di Perguruan Tinggi. Ishraqi, 1(1), 40-51.

Cholifah, N. & Mualim, S. (2018). Analisa Kejujuran dan Tanggung Jawab dengan Soft Skills Mahasiswa Profesi Ners Stikes Muhammadiyah Kudus TA 2016/2017 Di Desa Kutuk Undaan. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 9(1), 58-65.

Dwijayani, R., Relmasira, S.C., & Hardini, A.T.A. (2018). Peningkatan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas III SD Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Mata Pelajaran PKn. Kalam Cendekia, 6(4), 16-23.

Haqiqi, M.I., Mariani, S., & Masrukan. (2017). Karakter Tanggung Jawab dan Keterampilan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Berpendekatan PMRI Berbantuan Scaffolding Materi Pecahan. Journal of Primary Education, 6(1), 21-26.

Isjoni, H. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Jati, N.K. (2016). Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 34, 3196-3210.

Lickona, T, Schaps, E & Lewis, C. (2003) CEP‘s Eleven Principles of Effective Character Education. Washington, DC: Character Education Partnership.

Pasani, C.F., Sumartono, & Sridevi, H. (2016). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa melalui Pembelajaran Model Kooperatif tipe Number Head Together. Edumath; Jurnal pendidikan Matematika, 4(2), 1-10.

Purwoastuti, T.E. & Walyani, E.S. (2015). Perilaku & Softskills Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan. Ed. Kedua. Jakarta: Kencana Press

Setyowati, B.E., Widiyatmoko, A., & Sarwi. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw II Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(3), 982-989.

Slavin, R.E. (2010). Cooperative Learning; Teori, Riset dan Praktik. Jakarta: Nusamedia

Suyanto. (2010). Model Pembinaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v34i1.6270

Article Metrics

Abstract view : 16 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Vidya Karya

Indexed By:

               

 

 

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.