BIMBINGAN BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SUPERVISI AKADEMIK

Maisyarah Maisyarah

Abstract


Abstrak. This study aims to improve the competence of the madrasah head in carrying out academic supervision through continuous guidance. The study was designed using school action research with 2 cycles. The research subject was the Head of Madrasa Patronage in Banjarmasin City. Techniques for collecting data through documentation, interviews and observation. The research data were analyzed using descriptive and quantitative descriptive statistics. The results of the study indicate that continuous guidance can improve the competency of the headmaster in carrying out academic supervision from sufficient qualifications in Cycle I to be well qualified in Cycle II.

 

Kata Kunci: Bimbingan Berkelanjutan, Kompetensi, Supervisi Akademik.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi akademik melalui bimbingan berkelanjutan. Penelitian dirancang menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah Kepala Madrasah Binaan di Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Data penelitian dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkah bahwa bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi akademi dari kualifikasi cukup di Siklus I meningkat menjadi kualifikasi baik di Siklus II.

 

Kata Kunci: Bimbingan Berkelanjutan, Kompetensi, Supervisi Akademik.

Full Text:

PDF

References


Aminah, Siti. 2018. Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah: Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyususn Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Pendekatan Saintifik. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Kemendikbud. 2017. Panduan Kerja Pengawas Sekolah Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Mulyadi. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang: UIN-Maliki Press.

Muslim, Sri Banum. 2009. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: CV Alfabeta.

Pidarta, Made. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Poerwadarminta, W.J.S. 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Sahertian, Piet A. 2008. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 Tanggal 17 April 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Suhardan, Dadang. 2010. Supervisi Profesional Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Otonomi Daerah. Bandung: CV Alfabeta.

Suryosubroto, B. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Umar, Husein. 2009. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis (Edisi Kedua). Jakarta: Rajawali Pers.

Wahjosumidjo, 2008. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v34i1.6346

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Vidya Karya

Indexed By:

               

 

 

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.