PENERAPAN TEKNIK “APA” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DALAM MENGGUNAKAN TIK

Abdul Hamid

Abstract


Abstract.  This school action research was intended to find out the  information about the application of the “APA” technique   to increase  the school administration staffs' ability in using Information and Communication Technologies (ICT)  at SMP Negeri 7 Banjarmasin. The subjects of this research consisted of 4 school administration staffs. This research was conducted in two cycles with the four steps: planning, acting, observing and reflecting. The quantitatif data of the competence achieved by the school administration staffs  was collected by scoring their works on each “Application Step” and also supported with the qualitatif data of the observation results collected through observation sheets. The result of this study showed that the application of the “APA technique was able to increase the school administration staffs’ability   in using Information and Communication Technologies (ICT) at SMP Negeri 7 Banjarmasin.

 

Keywords: School administration staffs’ability,  Information and Communication Technologies (ICT), “APA” technique

 

Abstrak. Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk  mendapatkan informasi tentang penerapan teknik "APA" dalam meningkatkan kemampuan tenaga administrasi sekolah dalam penggunaan TIK di SMP Negeri 7 Banjarmasin. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Banjarmasin dengan subjek penelitian sebanyak 4 orang tenaga administrasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dengan tahapan kegiatan mulai perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Data kuantitatif berupa  kemampuan tenaga administrasi sekolah dalam penggunaan TIK diperoleh dengan melakukan penskoran terhadap hasil kerja mereka pada tahap aplikasi dan didukung oleh data kualitatif dari hasil pengamatan yang dikumpulkan melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik "APA" dapat  meningkatkan kemampuan tenaga adminstrasi sekolah dalam pnggunaan TIK di SMP Negeri 7 Banjarmasin.

Kata kunci:Kemampuan tenaga administarasi sekolah, TIK, teknik “APA”.

Full Text:

PDF

References


Camm. Barbara. Four Phases of Learning. Diakses tanggal 15 Februari 2017, dari https://www.dashe.com/blog/instructional-design/four-phases-of-learning/

Clear. James. Stop Thinking and Start Doing: The Power of Practicing More. Diakses tanggal 15 Februari 2017, dari

https://jamesclear.com/learning-vs-practicing

Hotibin. Andragogi (Pendidikan Orang Dewasa). Diakses tanggal 10 Maret 2017, dari

http://kangebink.blogspot.co.id/2013/08/andragogi-pendidikan-orang-dewasa.html

Kaufman, Josh. The Difference Between Learning and Practicing. Diakses tanggal 20 Februari 2017, dari https://alexisgrant.com/2013/08/12/the-difference-between-learning-and-practicing/)

Manajemen Tenaga Kependidikan. Diakses tanggal 27 Januari 2017, dari

http://pribadimam.blogspot.co.id/2013/08/7-manajemen-tenaga-kependidikan.html

Murniarti AR & Nasir Usman. 2009. Implementasi Manajemen Stratejik dalam memberdayakaan Sekolah Menengah Kejuruan. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis.

Observational learning . Diakses tanggal 20 Februari 2017, dari https://en.wikipedia.org/wiki/Observational_learning

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2008 tentang StandarTenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.

Practice (learning method) . Diakses tangggal 28 Februari 2017, dari https://en.wikipedia.org/wiki/Practice_(learning_method))




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v34i1.6347

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Vidya Karya

Indexed By:

               

 

 

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.