KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN

Melly Agustina Permatasari

Abstract


Abstract. The purpose of this study is to describe the ability of students to develop various learning media. This study uses a descriptive approach. The subject of this study were students of Social Studies Education Study Program of Lambung Mangkurat University. The research instrument used observation sheets in the form of a checklist and documentation. The results showed that the ability of students to develop various social studies learning media is good. The learning media developed were dominated by power point media (25%), videos (24%), and images (23%).

 

Keywords: learning media

 

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan berbagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Lambung Mangkurat. Intrumen penelitian menggunakan lembar pengamatan dalam bentuk check list dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa mengembangkan berbagai media pembelajaran IPS sudah baik. Media pembelajaran yang dikembangkan didominasi oleh media power point (25%), video (24%), dan gambar (23%).

 

Kata kunci: media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1(1), 77 – 89.

Apriliyani, Sudjarwo, & Pargito. (2014). Pengembangan Media Gambar Realita dalam Pembelajaran IPS di SD. Studi Sosial; Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(2), 1-14.

Arofah, S.J.N. & Efendi, M. (2015). Media Permainan Teka-Teki Silang Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Tunarungu. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 2(1), 39-43.

Arsyad, A . (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ayu D.P., Sumardi, & Ganda, N. (2017). Penerapan Media Poster untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 319 – 328.

Dewi, T.L, Kurnia, D., & Panjaitan, R.L. (2017). Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran PIPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Wilayah Waktu di Indonesia. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2091-2100.

Febriyanti, I. & Murdiono, M. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Poster terhadap Minat dan Prestasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. E-Civics; Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, 5(3), 1 - 13.

Hariyati. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 12 Palu. Jurnal GeoTadulako, 2(2), 4 - 16.

Jonkenedi. (2017). Penggunaan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6), 590 – 598.

Kusuma, K., Buwono, S., & Basri, M. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Power Point terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(4), 1 – 12.

Melinda, V.A., Degeng, I.N.S., & Kuswandi, D. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) pada Kelas V SDNU Kratonkencong. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran); Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 158 – 164.

Musakkir. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kabupaten Tanah Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 36 – 47.

Mustofa, S.S. & Abdullah, M.H. (2017). Penggunaan Media Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Songgokerto 01 Batu. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 1491 – 1500.

Nurkholis, S., Parijo, Utomo, B.B. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(9), 1 – 10.

Nurwidayanti, D. & Mukminan. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri. Harmoni Sosial; Jurnal Pendidikan IPS, 5(2), 105 - 114.

Pratiwi, R. & Siradjuddin. (2017). Penggunaan Media Permainan Monopoli Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kendalkemlagi Lamongan. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 1212 – 1221.

Prihardini, Y.P. & Suprayitno. (2015). Penggunaan Media Poster untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 1892 - 1901

Rahman, D., Gagaramusu, Y.B., & Langandesa, Y.R. (2015). Pemanfaatan Surat Kabar Sebagai Media Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN No. 3 Malei. Elementary School of Education Journal, 3(3), 1-10.Rumakhit, N. (2017). Pengembangan Media Puzzle untuk Pembelajaran Materi Mengidentifikasi Beberapa Jenis Simbiosis dan Rantai Makanan Kelas IV Sekolah Dasar Tahun 2016/2017. Jurnal Simki-Pedagogia, 1(2), 1 – 9.

Sariani, N. & Oktaliana, R. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran IPS Terpadu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Sosial Horizon; Jurnal Pendidikan Sosial, 5(1), 105 – 119.

Septian, A. & Tampubolon, J.. (2015). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Tiga Dimensi (3D) Terhadap Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Meulaboh. Jurnal Educational Building, 1(1), 70-78.

Sucahyo, D. & Supriyono. (2013). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(10), 1 – 10.

Sumarni, Kaswari, & Rosnita (2014). Pemanfaatan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(6), 1 – 10.

Suprapto, A.N. (2013). Permainan Monopoli Sebagai Media Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tata Boga di SMA. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, 17(1), 37 – 43.

Winanti, S. (2014). Pengembangan Media Puzzle Rantai Makanan untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 1 – 11.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v34i1.6395

Article Metrics

Abstract view : 22 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Vidya Karya

Indexed By:

               

 

 

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.