MEMINIMALKAN KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS

Dormauli Simanullang

Abstract


Abstract. This study aims to minimize the difficulty of learning mathematics students by applying learning with a constructivist approach. This classroom action research was conducted on class VIII students of SMP PGRI 3 Banjarmasin, which amounted to 30 people, for 3 cycles. Data collection was done by test and non-test techniques, using learning outcomes tests, observation sheets, and student response questionnaires. Data were analyzed quantitatively and qualitatively. The results showed that (1) student activity in learning increased to 93%; (2) student responses to learning is fun; and (3) student learning completeness increases to 97%. Thus, it can be concluded that mathematics learning with a constructivist approach is able to minimize the difficulty of learning mathematics students on the topic straight line equations.


Keywords: constructivist approach, learning difficulties, student activities, straight line equations.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meminimalkan kesulitan belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Banjarmasin yang berjumlah 30 orang, selama 3 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes, menggunakan tes hasil belajar, lembar pengamatan, dan angket respon siswa. Data dianalisis secara deskriptif kuntitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat menjadi 93%; (2) respon siswa terhadap pembelajaran adalah menyenangkan; dan (3) ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 97%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivis mampu meminimalkan kesulitan belajar matematika siswa pada topik persamaan garis lurus.

 

Kata kunci: pendekatan konstruktivis, kesulitan belajar, aktivitas siswa, persamaan garis lurus.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Jatisunda, M.G. (2018). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme terhadap Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik (Studi Quasi Eksperimen terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Talaga Tahun Pelajaran 2015/2016). Jurnal Theorems (The Original Research of mathematics), 2(10), 57–66.

Kardi, S., (2003). Strategi Motivasi Model ARCS. Surabaya: Pendidikan Sains Unesa.

Nurhasanah, F. (2012). Membangun Keaktifan Mahasiswa pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Perencanaan dan Pengembangan Program Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Konstruktivisme dalam Kegiatan Lesson Study. Infinity, 1(1), 62 – 77.

Sumarsih. (2016). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Mempelajari Persamaan Garis Lurus dan Alternatif Pemecahannya. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, Surakarta 16 November 2016.

Supardan, D. (2016). Teori dan Praktek Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Edunomic, 4(1), 1-12.

Setianingrum, D.A., Purnami, A.S., & Istiqomah. (2018). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. ISBN: 978-602-6258-07-6. Hal. 162-165.

Ultanir, E. (2012). An Epistemological Glance at The Constructivist Approach: Constructivist Learning In Dewey, Piaget, And Montessor. International Journal of Instruction, 5(2), 195-212.

Yusmin, E. (2017). Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Metaethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2119-2136.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v34i1.6401

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Vidya Karya

Indexed By:

               

 

 

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.