IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN KIT FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Key words: discovery learning, learning outcomes.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik melalui discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan menggunakan One-Group-Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 4 Makassar yang terdiri dari enam kelas.. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan N-Gain sebesar 0,42 berada pada kategori sedang.
Kata kunci: discovery learning, hasil belajar.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2014). Dasar- Dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Furoidah, A.Z., Indrawati, & Subiki. (2017). Implementasi Model Discovery Learning Disertai Lembar Kerja Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Siswa di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 285-291.
Hariyanto, A. (2016). Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Paket Program Simulasi PhET Terhadap Prestasi Belajar Fisika, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3), 365-378.
Herlinda, Martawijaya, M.A., & Haris, A. (2014). Penggunaan KIT Fisika Berbasis Bahan Lingkungan Dalam Pembelajaran Fisika Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 28 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(3), 233-244.
Hotang, L. Br. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 3 SMA N 6 Pekanbaru Semester Genap. Physics Education Research Journal, 1(1), 56-68.
Parawati, Ni Nyoman, dkk. (2018) Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali.
Prihatiningtyas. S. (2013). Implementasi Simulasi PhET dan KIT Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik, Semarang, FMIPA UNNES
Putra, D.P. (2017). Penggunaan KIT IPA (FISIKA) Sebagai alat Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Muallimin Makassar. Jurnal penelitian Pendidikan Fisika, 1(2), 121-128.
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta.
Ritonga, L.S. & Tanjung, R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay(CRH) terhadap Hasil Belajar Fisika pada materi Suhu dan Kalor Kelas X MAN Kisaran T.P. 2013/2014. Jurnal Inpafi; Inovasi pembelajaran Fisika, 2(4), 156-166.
Sari, P.I., Gunawan, Harjono, A. (2016). Penggunaan Discovery Learning BerbantuanLaboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 176-182.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualititatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2016). Penilaian Autentik pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor (konsep dan aplikasi). Jakarta: Rajawali.
Syam, M., Arsyad, M., & Ma’ruf. (2015). Peranan Penggunaan KIT IPA sebagai Alat Pembelajaran dalam Upaya Menigkatkan Keterampilan Peserta Didik Kelas VIII4 SMP Negeri 1 Belawa Kabupaten Wajo. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(3), 241-262.
Widiyanto. (2009). Pengembangan Keterampilan Proses dan Pemahaman Siswa Kelas X Melalui KIT Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(1), 1-7.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v34i2.7386
Article Metrics
Abstract view : 477 timesPDF - 337 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Vidya Karya
Indexed By
Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.