IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN KIT FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Wa Ode Nur Auliya, Nurlina Nurlina, Khaeruddin Khaeruddin

Abstract


Abstract. This study aims to analyze the improvement in student learning outcomes through discovery learning. This research is a pre-experimental research using One-Group-Pretest-Posttest Design. The population in this study were all students of class X IPA of SMA Negeri 4 Makassar, which consisted of six classes. The research instrument used was a student achievement test in the form of multiple choice. The results showed an increase in learning outcomes with N-Gain of 0.42 in the moderate category.

 

Key words: discovery learning,  learning outcomes.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik melalui discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan menggunakan One-Group-Pretest-Posttest Design. Populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 4 Makassar yang terdiri dari enam kelas.. Instrumen  penelitian  yang  digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik yang  berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan  N-Gain sebesar 0,42 berada pada kategori sedang.

 

Kata kunci: discovery learning, hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Dasar- Dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Furoidah, A.Z., Indrawati, & Subiki. (2017). Implementasi Model Discovery Learning Disertai Lembar Kerja Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Siswa di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 285-291.

Hariyanto, A. (2016). Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Paket Program Simulasi PhET Terhadap Prestasi Belajar Fisika, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3), 365-378.

Herlinda, Martawijaya, M.A., & Haris, A. (2014). Penggunaan KIT Fisika Berbasis Bahan Lingkungan Dalam Pembelajaran Fisika Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 28 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(3), 233-244.

Hotang, L. Br. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 3 SMA N 6 Pekanbaru Semester Genap. Physics Education Research Journal, 1(1), 56-68.

Parawati, Ni Nyoman, dkk. (2018) Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali.

Prihatiningtyas. S. (2013). Implementasi Simulasi PhET dan KIT Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik, Semarang, FMIPA UNNES

Putra, D.P. (2017). Penggunaan KIT IPA (FISIKA) Sebagai alat Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Muallimin Makassar. Jurnal penelitian Pendidikan Fisika, 1(2), 121-128.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta.

Ritonga, L.S. & Tanjung, R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay(CRH) terhadap Hasil Belajar Fisika pada materi Suhu dan Kalor Kelas X MAN Kisaran T.P. 2013/2014. Jurnal Inpafi; Inovasi pembelajaran Fisika, 2(4), 156-166.

Sari, P.I., Gunawan, Harjono, A. (2016). Penggunaan Discovery Learning BerbantuanLaboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 176-182.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualititatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2016). Penilaian Autentik pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor (konsep dan aplikasi). Jakarta: Rajawali.

Syam, M., Arsyad, M., & Ma’ruf. (2015). Peranan Penggunaan KIT IPA sebagai Alat Pembelajaran dalam Upaya Menigkatkan Keterampilan Peserta Didik Kelas VIII4 SMP Negeri 1 Belawa Kabupaten Wajo. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(3), 241-262.

Widiyanto. (2009). Pengembangan Keterampilan Proses dan Pemahaman Siswa Kelas X Melalui KIT Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(1), 1-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v34i2.7386

Article Metrics

Abstract view : 477 times
PDF - 337 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Vidya Karya

Indexed By

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.