PROBLEM SOLVING BERBANTUAN APLIKASI PINTAR SMART CHEMISTRY MELALUI SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN HASIL BELAJAR
Abstract
Abstract. This study aims to determine whether there are any differences in the students’ achievement of higher order thinking skills and the student learning outcomes through the application of problem solving learning assisted by smart chemistry applications on stichiometry. The population was 105 students of X MIPA SMAN 11 Banjarmasin. The sampling technique was conducted by purposive sampling with 2 experimental classes and 1 control class. Each class consisted of 35 students. The method used was quasi-experimental with a nonequivalent control group design. The data collection was gathered using test and non-test techniques. The data analysis technique used was descriptive and inferential analysis techniques using one way ANAVA test. The results showed that higher order thinking skills, learning outcomes, knowledge, skills and attitudes of the experimental class were better than the control class.
Keywords: problem solving, smart chemistry, higher order thinking skills, learning outcomes, stoichiometry.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pencapaian keterampilan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar peserta didik, melalui penerapan pembelajaran problem solving berbantuan aplikasi smart chemistry pada topik stikiometri. Populasi penelitian yaitu sebanyak 105 peserta didik X MIPA SMAN 11 Banjarmasin. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling dengan 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 35 peserta didik. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dan inferensial menggunakan uji ANAVA 1 jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi, hasil belajar pengetahuan, keterampilan dan sikap dari kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.
Kata kunci: problem solving, smart chemistry, keterampilan berpikir tingkat tinggi, hasil belajar, stoikiometri.Full Text:
PDFReferences
Al-Tabany, T. I. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
Ariyanti, N. D., Haryono, & Masykuri, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Stoikiometri dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Modul di Kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 6(1), 62-68.
Handayani, R., & Priatmoko, S. (2013). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(1), 1051-1062.
Harfiyanto, D., Utomo, C. B., & Budi, T. (2015). Pola Interaksi Sosial Pengguna Gadget di SMAN 1 Semarang. Journal of Educational Social Studies, 4(1), 1-5.
Hartini, E. M., Kusasi, M., & Iriani, R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Solving Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Hidrolisis Garam. JCAE, Journal of Chemistry and Education, 1(1), 37-45.
Hendrawan, K. A., Suarni, N. K., & Sudiana, I. W. (2013). Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus VII Kecamatan Tejakula. E-journal Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1), 1-11.
Khairani, I., & Safitri, R. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi di MAN Rukoh Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 32-41.
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. S. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142-155.
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 79-83.
Pasaribu, D. N., Iriani, R., & Bakti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Probing Prompting Berbantuan Media Audio Visual Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di Sman 6 Banjarmasin. JCAE, Journal of Chemistry and Education, I(2), 168-177.
Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 2009-2018
Rahmawan, A. A., Utomo, S. B., & Sukardjo, J. S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Rasa ingin Tahu dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Hukum Dasar dan Perhitungan Kimia Siswa Kelas X-TP 3 SMK Muhammadiyah 2 Sragen Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(3), 92-96.
Rasiman. (2013). Proses Berpikir Kritis Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Bagi Siswa Dengan Kemampuan Matematika Rendah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. FMIPA IKIP PGRI Semarang (pp. 186-192). Semarang: FMIPA IKIP PGRI Semarang.
Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. JPPI, 2(1), 18-29.
Valk, J. H., Rashid, A. T., & Elder, L. (2010). Using Mobile Phones to Improve Educational Outcomes: An Analysis of Evidence from Asia. International Review of Research in Open and Distance Learning, 11(1), 117-140.
Viani, D. S., Bahar, A., & Elvinawati. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Chemopoly Game dan Tournament Question Cards. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 1(1), 55-59.
Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan, 32(1), 161-171.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v35i1.8163
Article Metrics
Abstract view : 201 timesPDF - 142 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Vidya Karya
Indexed By
Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.