PENGGUNAAN MEDIA PROMOSI DALAM KOMUNIKASI TERAPEUTIK BAGI PASIEN DI KAB. SERANG Studi Deskriptif Kualitatif tentang Penggunaan Media Promosi Dalam Komunikasi Terapeutik Tenaga Medis kepada Pasien di Puskesmas Tunjung Teja, Kab.Serang
Abstract
ABSTRACT
Communications and media are the two things are related. Humans communicate due to the relationship with the environment. When humans communicate, certainly require communication media. Media communications here are all facilities used to produce, reproduce, distribute or disseminate and present information. In this study, researchers interested in the use of communication media raised the issue of medical use medical personnel to patients in Serang district. It is based on data obtained from the Ministry of Health that health problems are still high, one in Kab.Serang. Researchers interested in studying this issue so visible root of the problem that occurred. Therefore, researchers wanted to know how to use communication media in the promotion of therapeutic medical personnel to patients in Kab.Serang. The approach used in this study is a qualitative approach with a qualitative descriptive study method. Data collection techniques used were observation, interview and documentation study. The results of this study indicate that the use of communication media medical personnel in health care to patients is still limited to (1) the print media, such as brochures, pamphlets, banners, (2) media board / billboard; (3) The media phone. But even this has started to be supported by the existence of websites in the online media.
Keywords: Use, Media Promotion, Therapeutic Communication, Kab.Serang.
Abstrak
Komunikasi dan media merupakan dua hal yang saling berhubungan. Manusia berkomunikasi dikarenakan untuk melakukan hubungan dengan lingkungan. Saat manusia berkomunikasi, pastinya memerlukan media komunikasi. Media komunikasi disini adalah seluruh sarana yang digunakan untuk memproduksi, mereproduksi, menyalurkan atau menyebarkan dan juga menyajikan informasi. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik mengangkat masalah penggunaan media komunikasi kesehatan yang digunakan tenaga medis kepada pasien di kabupaten Serang. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari Departemen Kesehatan bahwa masalah kesehatan masih tinggi, salah satunya di Kabupaten Serang. Peneliti tertarik untuk meneliti masalah ini agar terlihat akar masalah yang terjadi. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana penggunaan media promosi dalam komunikasi terapeutik tenaga medis kepada pasien di Kab.Serang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media komunikasi tenaga medis dalam pelayanan kesehatan kepada pasien adalah masih terbatas pada (1) media cetak, seperti brosur, pamflet, spanduk, (2) media papan/billboard; (3) media telepon. Tetapi inipun sudah mulai didukung dengan keberadaan website dalam media online.
Kata Kunci: Penggunaan, Media Promosi, Komunikasi Terapeutik, Kab. Serang
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.20527/mc.v2i1.2996
Article Metrics
Abstract view : 2534 timesPDF - 6492 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2356-4490
E-ISSN : 2549-693X
MetaCommunication; Journal of Communication Studies is published by the Department of Communication, Faculty of Political and Social Sciences, Universitas Lambung Mangkurat.
Address: Jl. Brig Jend. Hasan Basri, Pangeran, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123, Indonesia.
Email: [email protected]
View My Stats, StatCounter Button