HUBUNGAN ANTARA MENONTON IKLAN PASTA GIGI DENGAN PERILAKU MURID DALAM MEMELIHARA KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI SDN NEGERI KANDANGAN UTARA 3
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada kaitannya hubungan antara menonton pasta gigi dengan perilaku murid dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut di SD Negeri Kandangan Utara 3
Untuk mencapai tujuan dan maksud diatas maka metode penelitian yang digunakan meliputi : tipe penelitian yang digunakan adalah deskripsi survey yaitu suatu penelitian yang berusaha menggambarkan ada tidaknya suatu hubungan antara dua variabel, dimana kuesioner sebagai instrumen utamanya. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas 4, 5 dan 5 SD Negeri Kandangan utara 3. Sampel penelitian ditentukan secara stratified sampling, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif, dimana data disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan tabel silang dengan menggunakan rumus X2.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang cukup berarti antara menonton iklan gigi dengan perilaku murid dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut di SD Negeri Kandangan Utara 3
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Abu. 1999. Psikologi Umum. Jakarta : Rineka Cipta.
Ahmad, AS. 1992. Komunikasi Media Massa dan Khalayak. Makassar : Hasanuddin University Press.
Cangara, Hafied. 1996. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Hamzah, Sulaeman. 1988. Media Audio Visual untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. Jakarta : PT. Gramedia.
Kasali Rhenald. 1993. Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasi di Indonesia. Jakarta : Pustaka Utama Grafitti.
Liliweri, Alo. 1991. Memahami Peran Komunikasi Massa dalam Masyarakat. Bandung : Citra Aditya Bakti.
Milton Chen, Ph.D. 1994. Anak-anak dan Televisi. Gramedia Pustaka Utama.
Nugroho, Garin. 1995. Kekuasaan dan Hiburan. Jakarta : Yayasan Bentuk Budaya.
Rakhmat, Jalaluddin. 1986. Psikologi Komunikasi. Bandung, Remaja Karya.
________________________. 1996. Teori-teori Komunikasi. Bandung : Remaja Rosda Karya.
________________________. 1999. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Sarwono, Sarlito Wirawan. 1998. Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sobur, Alex.1986. Anak Masa Depan. Bandung : Angkasa.
______________.1991. Komunikasi Orang Tua dan Anak, Bandung : Angkasa.
Soejono, Soekanto. 1990. Sosiologi suatu Pengantar, Jakarta : Raja Grafindo.
Uchjana Efendy, Onong.1993. Televisi Siaran Teori dan Praktek. Bandung, Mandar Maju.
____________________________. 2000. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti.
Singarimbun, Masri dan Sofyan Effendi. 1989. Metode Penelitian Survey. Jakarta : Lembaga Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial.
Wawan Kuswandi. 1996. Komunikasi Massa Sebuah Analisis Media Televisi, Jakarta: Rineka Ci
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/mc.v1i1.4673
Article Metrics
Abstract view : 241 timesPDF - 447 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2356-4490
E-ISSN : 2549-693X
MetaCommunication; Journal of Communication Studies is published by the Department of Communication, Faculty of Political and Social Sciences, Universitas Lambung Mangkurat.
Address: Jl. Brig Jend. Hasan Basri, Pangeran, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123, Indonesia.
Email: [email protected]
View My Stats, StatCounter Button