PR ON THE NET, DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI DUA ARAH ANTARA HUMAS PEMERINTAH DENGAN PUBLIK EKSTERNAL

novaria maulina

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, Praktisi PR dituntut untuk melakukan untuk menyesuaikan diri pada kegiatan PR yang bertujuan membinan hubunga baik dengan khalayaknya, keterbukaan dan kebutuhan informasi yang cepat dan akurat pada akhirnya memunculkan satu konsep baru dalam praktik PR yaitu PR On The Net.

Implementasi konsep PR On The Net menurut penulis dapat digunakan oleh Humas pemerintah yang selama ini cenderung hanya melakukan komunikasi yang bersifat satu arah pada khalayaknya,dengan PR On The Net Humas pemerintah dapat memberikan informasi yang cepat, tepat sasaran dan mendapatkan umpan balik segera dari khalayak, adapun media PR yang dapat digunakan oleh humas pemerintah untuk meningkatkan komunikasi dua arah dengan khlayak eksternal adalah mailing list, newsletter online, website dan fan page pada  media sosial. Dengan PR on The Net memungkinkan terjaadinya komunikasi dua arah yang efektif antara Humas dengan Khlayaknya. Selain itu efektifitas dari kegiatan PR On The Net dapat diukur dengan jelas sehingga memudahkan humas pemerintah dalam melakukan evaluasi dengan data yang terukur.


Full Text:

PDF

References


Darmastuti, Rini. 2006. Etika PR dan E-PR. Yogyakarta. Penerbit Gava Media.

Effendy, Onong Uchjana. 1998. Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Bandung: Remaja Rosdakarya

Holtz, Shel.1998. Public Relations on the Net: Winning Strategies to Inform and Influence the Media, the Investment Community, the Government, the Public, and More! Paperback.

Gregory. Anne. 2001. Perencanaan dan manajemen Kampanye Public Relations.Jakarta : Erlangga.

Rumanti.Maria Asuumpta. 2001. Dasar-dasar PR Teori dan Praktik.Yogyakarta:Direktorat Jendal perguruaan Tinggi.

Moore. H. Frazier.2005. Humas Membangun Citra dengan Komunitas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soemirat dan Aridanto. 2008. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : Remaja Rosakarya.

Wardhani, Diah. Media Relations sarana membangun reputasi perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/mc.v1i1.4674

Article Metrics

Abstract view : 558 times
PDF - 3308 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2356-4490

E-ISSN : 2549-693X

MetaCommunication; Journal of Communication Studies is published by the Department of Communication, Faculty of Political and Social Sciences, Universitas Lambung Mangkurat.

Address: Jl. Brig Jend. Hasan Basri, Pangeran, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123, Indonesia.

Email: [email protected]

View My Stats, StatCounter Button