IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DI PERGURUAN TINGGI (STUDI PADA UNIVERSITAS NEGERI MALANG)

Mochammad Rozikin, Fitria Puji Harmini, Anggra Wiradita

Abstract


Peneltian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik(KIP) di Perguruan Tinggi Negeri. Metode yang digunakan adalah melalui pendekatan studi kasus pada Universitas Negeri Malang (UM). Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif yang meneliti obyek penelitian dengan menggambarkan masalah yang ada dengan cara mencatat, mengklasifikasikan, serta menganalisa data yang diperoleh untuk menarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Fokus dari penelitian ini adalah implementasi, mekanisme, dan kendala penerapan KIP di Universitas Negeri Malang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa Implementasi KIP di UM sudah berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun sejak mulai diterapkan pada tahun 2016. Namun dalam pengimplementasiannya masih ada beberapa kendala dalam memberikan layanan informasi publik sebagaimana yang tertuang dalam UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Kendala tersebut antara lain keterbatasan pengetahuan masyarakat mengenai tugas dan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi(PPID) sehingga para pencari informasi masih sering meminta informasi ke unit kerja lain, belum adanya petugas PPID dari kalangan pegawai atau tenaga kependidikan yang secara khusus bertugas mengelola informasi, melakukan kajian, dan pembuatan laporan berkala terkait PPID ke pimpinan, Daftar Informasi Publik yang ditampilkan di situs web PPID UM masih belum menampilkan informasi publik yang terkait dengan Universitas Negeri Malang secara keseluruhan, masih membutuhkan dukungan materi dan infrastruktur dan staf khusus dalam layanan informasi publik untuk mendukung kinerja PPID yang lebih baik.

Kata Kunci: Informasi, Keterbukaan informasi Publik, PPID


Full Text:

PDF

References


Agustino, Leo. 2008. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Alfabeta: Bandung.

Faizin, Afwan dan Ali Mansur.2018.Penerapan Undang-Undang No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (Studi Kasus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).SALAM;Jurnal Sosial & Budaya Syar-i.Vol.5 No.2.113-138.DOI:10.15408/sjsbs.v5i2.9413

Jogiyanto HM. 1999. Analisis & Desin Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Mazmanian, Daniel A and Paul A. Sabatier. 1983. Implementation and Public Policy. Scott Foresman and Company, US

Moh. Nazir. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Riduwan. 2004. Metode Riset. Jakarta : Rineka Cipta

Undang-Undang Nomor 14Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Laporan Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Komisi Informasi Pusat Tahun 2018.

Laporan Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik UM Tahun 2018.

Laporan Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Komisi Informasi Pusat Tahun 2019.

Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan UM (UM) Tahun 2018.

Peraturan Rektor UM nomor 4.1.88/UN32/KP/2016 tentang Penugasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Universitas Negeri Malang

Peraturan Pemerintah No 61 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2016 Tentang Layanan Informasi Publik di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahab, Solichin Abdul. 2015. ANALISIS KEBIJAKAN: Dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/mc.v5i2.8213

Article Metrics

Abstract view : 142 times
PDF - 113 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2356-4490

E-ISSN : 2549-693X

MetaCommunication; Journal Of Communication Studies is a Scientific Journal, Published by the Department of Communication,Faculty of Political and Social Sciences, Universitas Lambung Mangkurat

Address: Jl. Brig Jend. Hasan Basri, Pangeran, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123, Indonesia.

Email : metacommunication@ulm.ac.id,