PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN USH (UNO STACKO HITUNG)

Mitchella Sinta Larasati, Erlina Prihatnani

Abstract


Perlu strategi menarik, menantang, dan tidak menimbulkan intimidasi guna membantu siswa yang belum mampu menguasai operasi hitung bilangan bulat meski materi ini sudah dipelajari. Penelitian R&D dengan model ADDIE ini bertujuan mengembangkan USH sebagai solusi dari masalah tersebut. USH telah diujikan kepada 24 sampel acak yang berasal dari 8 SD. USH dinyatakan valid dari aspek materi dan media berturut-turut dengan persentase 80% (baik) dan 85,7% (sangat baik). Uji kepraktisan menghasilkan persentase 93,6,% (sangat baik). Uji pair t-test dengan α=0,05 menghasilkan signifikan kurang dari 0,05 dengan rerata posttest lebih tinggi dibanding pretest. Berdasarkan ketiga uji tersebut USH dinyatakan valid, praktis, efektif.

Kata kunci: uno stacko hitung, operasi hitung, bilangan bulat, R&D, ADDIE


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hasono, Danang Noveka dan Prihatnani, Erlina. (2018). Pengembangan Permainan Domat Card pada Materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel 5(1), 1-13.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 24 tentang Kompeteensi Inti dan Kompetensi Dasar.

Kemendiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Pranata, Yesynia. (2017). Pengembangan Permainan Uno Stacko Akutansi sebagai Media Pengayaan pada Pokok Bahasan Akuntansi Piutang Siswa Kelas XI SMK Negeri di Surabaya. s 5(2)

Pribadi, A. Benny. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rahmatin, Rosary dan Khabibah, Siti. (2016). Pengembangan Media Permainan Kartu Umath (Uno Mathematics) dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Pokok Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 1(5).

Rahwanti, Juni dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Uno Statik dalam Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Materi Turunan Kelas XI. Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi FMIPA: Universitas Muhammadiyah Semarang.

Sari, Reni Ratna dan Lutfi, Achmad. (2015). Kelayakan Permainan Uno Card Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pokok Struktur Atom. UNESA Journal of Chemical Education 4(2), 186-194.

Sanaky, Hujair AH. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Sadiria Insania Press.

Sriyati, Suci Rahmadhiana. (2016). Modifikasi Permainan UNO Sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bagi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Kalimaya, Volume 4, Nomor 2, Agustus 2016.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Trifolta, Albertus Ari. (2015). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Va SD Negeri 4 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2014/2015 Diakses pada September 2018 dari http://digilib.unila.ac.id/11111/


Article Metrics

Abstract view : 49 times
PDF - 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 EDU-MAT

ISSN: 2338-2759 (Print)

ISSN: 2597-9051 (Online)

Index By:

      

Plagiarism Checker:

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-TanpaTurunan 4.0 Internasional.