PENGARUH MODEL DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Laila Rahmatin Ramadhana, Karim Karim, Rizki Amalia

Abstract


Penelitian dilakukan guna mengetahui pengaruh model Double Loop Pro­blem Solving (DLPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII. Quasi eksperiment adalah metode yang digunakan. Populasi penelitian ini yakni siswa kelas VII SMPN 31 Banjarmasin. Adapun sampel yang diambil meng­gunakan teknik purposive sampling dimana didapatkan kelas VII F yang akan dija­dikan kelas eksperimen meggunakan model DLPS serta kelas VII E dijadikan kelas kontrol menggunakn model pembelajaran langsung. Dokumentasi dan tes adalah teknik yang digunakan untuk memperoleh data. Uji-t adalah teknik yang digunakan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP yang dibelajarkan menggunakan model  DLPS ber­ada pada kualifikasi cukup, sedangkan pada kelas yang dibelajarkan dengan meng­gunakan model pembelajaran langsung berada pada kualifikasi ku­rang, artinya ter­dapat pengaruh yang signifikan model DLPS terhadap kemampuan pemecahan ma­sa­lah matematis siswa kelas VII SMP.

 

Kata kunci: model Double Loop Problem Solving (DLPS), pemecahan masalah matematis

Full Text:

PDF

References


Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Japa, I. Gusti Ngurah. (2008). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Terbuka Melalui Investigasi Bagi Siswa Kelas V SD 4 Kaliuntu. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Lembaga Penelitian Undiksha: Edisi April 2008.

Karim & Anshariyah, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 250-259.

Kusumawati, E. & Rizki, N.D. (2014). Pembelajaran Matematika Melalui Strategi REACT Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 260-270.

Margono, S. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nasution. (2009). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siregar, S. (2015). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kharisma Putra Utama, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 65 times
PDF - 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 EDU-MAT

ISSN: 2338-2759 (Print)

ISSN: 2597-9051 (Online)

Index By:

      

Plagiarism Checker:

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-TanpaTurunan 4.0 Internasional.