Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Metode Inkuiri

Joko Setiawan, Muhammad Royani

Abstract


. Siswa memerlukan kemampuan berpikir kritis yang tinggi karena kemampuan berpikir kritis matematika berperan penting dalam penyelesaian suatu permasalahan mengenai pelajaran matematika. Selain itu, seorang siswa SMP telah dianggap dewasa sehingga dituntut mampu berpikir kritis untuk mencapai hasil atau mengambil keputusan yang tepat dan bijaksana. Ada berbagai macam metode pembelajaran inovatif, yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika, salah satunya metode inkuiri. Metode inkuiri merupakan metode pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif yang terdiri atas empat tahap yaitu:perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A, sedangkan objek penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran matematika SMPN 14 Banjarmasin dengan metode inkuiri untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis. Instrumen berupa soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri dengan langkah-langkah meliputi, orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan, dan mengaplikasikan kesimpulan. diperoleh bahwa aktivitas siswa SMP pada pembelajaran inkuiri termasuk dalam kualifikasi aktif dengan  kemampuan berpikir kritis siswa SMP adalah 79,49 dengan kualifikasi tinggi.

 

Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, inkuiri


Full Text:

PDF

References


Andayani, Fitri. (2012). “Kritis Pendidikan Matematika” Diakses dari http://andayanif3.wordpress.com/2012/01/14/kritis-pendidikan-matematika/. pada tanggal 19 Februari 2013

Angelo, T. A. (1995). Classroom assessment for critical thinking. Teaching of Psychology, 22, 6-7.

Febriana Vera, “Berpikir” Diakses dari http://www.slideshare.net/vera78/berpikir pada tanggal 21 Mei 2013

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis. Sidoarjo:Erlangga

Goez17. 2011. “Pembelajaran Matematika di SMP”. diakses dari

http://goez17.wordpress.com/2011/11/23/pembelajaran-matematika-di-smp/ . pada tanggal 12 September 2013

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Intan Madani

Hassoubah, Zaleha Izhab. 2008. Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis. Bandung: Nuasa

Khodijah, Nyanyu. 2006. Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatah Press Suriasumantri

Muhfaroyin. (2009). “Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis”. diakses dari http://muhfahroyin.blogspot.com/2009/01/berpikir-kritis.html. pada tanggal 14 Januari 2013.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana

Siadari. 2001. Model Pembelajaran Penemuan Konsep. Bandung: Remaja Karya

Slameto. 1996. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: P.T Raja Grafindo Persada.

Sutarno, (2009), “Keterampilan Berpikir Kritis” diakses dari

http://fisika21.wordpress.com/2009/11/15/keterampilan-berpikir-kritis/

pada tanggal 19 Februari 2013.

Trianto.2009.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta:Kencana

Yahya Nursidik, Yahya. 2010. “Psikologi Pendidikan” diakses dari

http://gapurapangarti.blogspot.com/2010/09/macam-macam-kegiatan-berpikir.html . pada tanggal 21 mei 2013

Yudi, Akang.” Hakikat Metode Inkuiri” diakses dari

http://yudiakang.wordpress.com/2012/03/05/hakikat-metode-inkuiri/

pada tanggal 8 februari 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v1i1.637

Article Metrics

Abstract view : 5249 times
PDF - 6470 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:


 

Lisensi Creative Commons
EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika is licenced under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 Internasional.