ANALISIS BUNDARAN PADA SIMPANG EMPAT JALAN A. YANI KM 36 DI BANJARBARU
Abstract
Kota Banjarbaru merupakan kota penghubung antara kota Banjarmasin dengan kota lainnya di Kalimantan selatan. Bundaran pada simpang empat Jalan A. Yani ini merupakan salah satu bundaran penting di Banjarbaru. Bundaran ini melayani berbagai arus yang berasal dari arah Banjarmasin, Martapura, Jalan Mistarcokrokusumo dan Jalan Ir. P.M. Noor. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kinerja bundaran saat ini, kinerja bundaran ketika ukuran lebar jalinan di perkecil, dan kinerja bundaran ketika ukuran lebar jalinan di perbesar. Penelitian yang dilakukan pada bundaran ini yaitu dengan pengumpulan data primer dan sekunder. Dalam melakukan analisa, perhitungan berdasarkan metode dari Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Dari hasil analisa menunjukan bahwa volume terbesar terdapat pada sore hari yaitu jam 16.45-17.45 wita sebesar 1953,6 smp/jam dan terdapat pada jalinan antara Jl. P.M. Noor dengan Jl. Mistarcokrokusumo. Untuk derajat kejenuhan pada kondisi eksisting dan ukuran lebar jalinan di perkecil sebesar 0,24. Sedangkan kondisi ukuran lebar jalinan di perbesar yaitu sebesar 0,22. Untuk nilai tundaan pada kondisi eksisting sebesar 6,355 det/smp, pada kondisi ukuran lebar jalinan di perkecil yaitu sebesar 6,403 det/smp dan pada kondisi ukuran lebar jalinan di perbesar yaitu sebesar 6,245 det/smp. Berdasarkan MKJI 1997 nilai DS < 0,85 dan nilai D < 10 det, maka bundaran ini masih normal atau tidak jenuh kepadatan arusnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik Kota Banjarbaru, 2010. Banjarbaru Dalam Angka Tahun 2010. BPS Kota Banjarbaru. Banjarbaru.
Direktorat Pembangunan Jalan Perkotaan, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Direktorat Jenderal Bina Marga. Jakarta.
Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota, 1999. Rekayasa Lalu Lintas. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Jakarta.
Januwinata, Andri, 2009. Evaluasi Kinerja Bundaran Pada Persimpangan Jalan P.Samudera-Jalan MT. Haryono di Banjarmasin. Skripsi Program Studi S1 Sipil. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru
Papacostas, C. S. And Prevedouros, P. D, 2005. Transportation Engineering & Planning.Pearson Prentice Hall. Singapore.Salter, R. J, 1981. Traffic Engineering. Macmillan Education LTD. London.
Setiawan, Ahmad Deni, 2009. Evaluasi Kinerja Bundaran (Studi Kasus Bundaran Gelora Manahan Solo). Tugas Akhir. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta. http://rc.uii.ac.id/server/document/Public/2009051111451802.511.220.pdf diakses 1 februari 2011.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/infotek.v13i1.1817
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.20527/infotek.v13i1.1817.g1589
Article Metrics
Abstract view : 3297 timesPDF - 2985 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 INFO-TEKNIK
This work is licensed under a�Creative Commons Attribution 4.0 International License.�
Indexed By:
Citation :
SINTA 6 mulai Vol. 19 No. 2 2018 (SK NO. 164/E/KPT/2021)GOOGLE SCHOLAR : Sitasi = 78, H-index = 5, i10-index = 2
IPI :� Artikel = 100
IOS 3969 : Artikel = 239
�