PERENCANAAN STRUKTUR PERKERASAN LANDAS PACU BANDAR UDARA SYAMSUDIN NOOR – BANJARMASIN

Yasruddin Yasruddin

Abstract


Bandar Udara Syamsudin Noor – Banjarmasin merupakan salah satu bandar udara yang dikelola PT. (Persero) Angkasa Pura I dan memiliki permintaan angkutan udara untuk penumpang dan kargo yang cukup potensial. Bandara Syamsudin Noor memiliki panjang landas pacu sebesar 2.500 x 45 m dengan arah azimuth 10 – 28.

Metode perencanaan perkerasan struktural pada landas pacu bandar udara yang umum digunakan adalah metode CBR, metode FAA, metode LCN dari Inggris, metode Asphalt Institute dan metode Canadian Departement Of Transportation. Adapun tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk  merencanakan tebal perkerasan lentur pada landas pacu Bandar Udara Syamsudin Noor – Banjarmasin sepanjang 2500 m untuk pesawat rencana B 737-900ER dengan menggunakan metode CBR (US. Army Corps Of Engineers Design Method), metode FAA (Federal Aviation Administration) dan metode LCN (Load Classification Number), serta menganalisa kelebihan dan kekurangan masing-masing metode yang digunakan.

Berdasarkan hasil perencanaan dari metode-metode perencanaan struktur perkerasan lentur yang digunakan diperoleh bahwa metode CBR (US. Army Corps Of Engineers Design Method) dan FAA (Federal Aviation Administration) memiliki tebal yang sama besar, yaitu sebesar 27 inchi atau 69cm, sedangkan untuk metode LCN (Load Classification Number) memiliki tebal paling besar, yaitu sebesar 38 inchi atau 97 cm. Hasil perencanaan tebal perkerasan dengan menggunakan metode CBR dan FAA sama dengan hasil perencanaan PT. (Persero) Angkasa Pura I dengan jenis lapis keras lentur (flexible pavement) sebesar 690 mm atau sama dengan 69 cm. Adapun material yang digunakan dalam perencanaan perkerasan lentur runway tersebut adalah : untuk lapisan surface digunakan Asphalt Concrete (AC), untuk base course digunakan material batu pecah, dan untuk subbase course digunakan material agregat alam.


Keywords


Bandar Udara Syamsudin Noor – Banjarmasin; Landas Pacu; Perkerasan Lentur; Metode CBR, Metode FAA dan Metode LCN.

Full Text:

PDF

References


Aneex 14, Aerodrome Design Manual, Part 1: Runways, 1999, International Civil Aviation Organization, Montreal, Canada.

Anonim. 737 Airplane of Characteristics for Airport Planning, Boeing Comercial Airplanes, 2005.

Anonim. 2012. Aircraft Technical Data and Specifications. http://www.airliners.net/aircraft-data/. 07 Desember 2012.

Anonim. 2010. Bandar Udara. http://id.scribd.com/doc/26247284/Transportasi-Bandar-Udara .07 Desember 2012.

Asmarani, Meilisa. 2009. Konfigurasi Bandar Udara. http://www.scribd.com/doc/110377185/konfigurasi-lapangan-terbang. 08 Maret 2013.

Basuki, Heru. 1986. Merancang, Merencana Lapangan Terbang. Bandung : Penerbit Alumni.

Boeing. 2010. 737 Airplane Characteristics for Airport Planning. http://www.boeing.com/commercial/airports/plan_manuals.html. 08 Maret 2013.

Boeing. 2010. 737 Airplane Characteristics. http://www.boeing.com. 08 Maret 2013.

Dinas Perhubungan Proyek Pengembangan Bandar Udara Syamsudin Noor. Penelitian Daya Dukung Fasilitas Landasan di Bandara Syamsudin Noor – Banjarmasin, 2003.

Dinas Perhubungan Proyek Pengembangan Bandar Udara Syamsudin Noor. Pekerjaan Penelitian Daya Dukung Landasan Fasilitas Sisi Udara Proyek Bandar Udara Syamsudin Noor-Banjarmasin, 2006.

FAA, Advisory Circular AC-150/5320-6E. “ Airport Pavement Design and Evaluation ”, United States of America, 2009.

Horonjeff, R. dan McKelvey, X. “Perencanaan dan Perancangan Bandar Udara”, Penerbit Erlangga, Jakarta,1993.

Manual of Standards Part 139—Aerodromes Chapter 2: Application of Standards to Aerodromes, Civil Aviation Safety Authority, Australian Government




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/infotek.v13i2.1835

Article Metrics

Abstract view : 194 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 INFO-TEKNIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

joomla
statistics View My Stats

Indexed By:

 

Citation :

SINTA Grade 5 (Arjuna 44,06) :

GOOGLE SCHOLAR : Kutipan = 24, H-index = 3, i10-index = 0

IPI :  Artikel = 100

IOS 3969 : Artikel = 239