SIFAT FISIKA DAN KETEGUHAN PATAH PAPAN SEMEN PARTIKEL DARI PELEPAH KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jack)

Violet Burhanuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemungkinan pemanfaatan pelepah kelapa sawit sebagai bahan baku papan semen partikel dan untuk mengetahui sifat fisika dan mekanika papan semen partikel pada berbagai perbandingan semen dan partikel dari dua merek semen (Tonasa dan Tiga Roda). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola faktorial 2 x 3 sebanyak 5 kali ulangan, dimana faktor A adalah merek semen yaitu semen tonasa dan semen Tiga Roda kemudian faktor B adalah perbandingan antara partikel dan semen. Hasil pengujian sifat fisika dan mekanika masing-masing menunjukan pengaruh yang sangat berbeda nyata, hal ini disebabkan karena semakin banyak penambahan jumlah perekat semen maka semakin baik pula sifat fisika dan mekanika papan semen yang dibuat, sedangkan untuk faktor merek semen tidak menunjukan perbedaan yang nyata.

Kata kunci : Pelapah kelapa sawit, sifat fisika dan mekanika, papan semen partikel


Full Text:

PDF

References


Dirhamsyah, M. 1995. Pengaruh Ekstraksi dan Cara Pengawetan Terhadap Sifat Papan Partikel Kayu Kelapa Sawit. Tesis S-2 Program pasca sarjana UGM, Yogyakarta (tidak dipublikasikan),

Liansyah, E. 1999. Pemanfaatan Batang Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jack) Sebagai Bahan Baku Papan Semen Partikel. Politeknik Pertanian Negeri, Samarinda.

Sa’id, G. 1996. Penanganan dan Pemanfaatan Limbah Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jack). Trubus Agriwijaya, Ungaran.

Sari, I.F. 1999. Pemanfaatn Pelepah Nipah (Nypa fruticans Wurmb) Sebagai Bahan Baku Alternatif Papan Partikel. Poli teknik pertanian negeri, Samarinda.

Sastradimadja, E. 1988. Papan Majemuk (Composite Board) Seri Papan Semen (Curent Board). Fakultas Kehutanan Universitas Mulawar-man, Samarinda.

Steel R.G.D dan James H. Torrie. 1991. Principles and Procedures of Statistics (terjemahan). Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jht.v13i1.1499

Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Hutan Tropis Indexed by :

    

 

Jurnal Hutan Tropis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License