Partisipasi Masyarakat Desa dalam Mendukung Pendidikan Anak Melalui Rumah Belajar di Desa Ononamolo Talafu

Agung Rahmat Christin Mendrofa, Beby Masitho Batubara, Nina Angelia

Abstract


97
Journal of Publik Administration & Policy Review , 1 (1) Juli-Desember 2023 ISSN 00 ISSN 00 (Online)
Jurnal Ilmu Administrasi Publik
Available online https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jpapr/login
Partisipasi Masyarakat Desa dalam Mendukung
Pendidikan Anak Melalui Rumah Belajar
di Desa Ononamolo Talafu
Agung Rahmat Christin Mendrofa1), Beby Masitho Batubara2) & Nina Angelia3)
1)Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan
Area, Indonesia
2)Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan
Area, Indonesia
3)Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan
Area, Indonesia
Diterima: 30 September 2023; Disetujui: 30 Oktober 2023; Dipublish: 30 Desember 2023
Coresponding Email: [email protected]
Abstrak
Latar belakang masalah skripsi ini ialah pendidikan yang terdapat di Desa Ononamolo Talafu sudah
terbangun dengan baik fasilitasnya. Namun, kualitasnya masih butuh perhatian. Ditemukan beberapa
kendala, seperti akses jaringan internet yang tidak tersedia, tenaga pendidik yang kurang, dan kendala
fasilitas yang belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk partisipasi
masyarakat dalam mendukung pendidikan anak melalui rumah belajar di Desa Ononamolo Talafu,
Kecamatan Botomuzoi, Nias, dan untuk mengetahui kendala dalam mendukung pendidikan anak
melalui rumah belajar di Desa Ononamolo Talafu Kecamatan Botomuzoi Kabupaten Nias. Adapun teori
yang digunakan dalam penelitian yaitu menurut Engkosworo dan Komariah (2010:297) yang
menjelaskan bentuk partisipasi masyarakat dalam pendidikan dapat dikategorikan menjadi dua
kategori yaitu partisipasi dalam bentuk kontribusi pembiayaan, partisipasi dalam bentuk kontribusi
pemikiran dan tenaga. Metode penelitian ini yaitu metode kualitatif dimana dengan cara observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kontribusi pembiayaan
masyarakat mendukung adanya rumah belajar di Desa Ononamolo Talafu berupa pemberian uang
tunai, dan barang-barang keperluan untuk belajar. Selanjutnaya, dari kontribusi pemikiran yang
masyarakat berupa ide dalam membangun semagat belajar anak dengan membuat hasil kerajinan
tangan anak dan dipajang di dinding rumah belajar. Kemudian, kontribusi tenaga dapat diketahui
bahwa masyarakatnya membantu proses pembangunan rumah belajar.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.