Efektivitas Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi COVID-19

Nur Kholipah, Deasy Arisanty, Karunia Puji Hastuti

Abstract


COVID-19 cepat menyebar diseluruh dunia termasuk negara Indonesia. Hal ini berdampak terhadap berbagai bidang kehidupan masyarakat termasuk bidang pendidikan, sehingga pemerintah menerapkan kebijakan model belajar dalam jaringan atau disingkat daring (online) dari jenjang pendidikan sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas penggunaan E-Learning  dalam proses pembelajaran daring terhadap jenis mata kuliah teori dan praktikum oleh Mahasiswa Pendidikan Geografi selama masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan adalahpenelitian survei pendekatan kuantitatif  dengan analisis data menggunakan metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT). Hasil dari perhitungan menggunakan metode Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) terhadap studi kasus efektivitas belajar daring menggunakan E-Learning  di Program Studi Pendidikan Geografi FKIP ULM menghasilkan pilihan yang lebih objektif dengan penilaian mata kuliah Teori (0.32) sebagai penilaian tertinggi, disusul mata kuliah Praktikum (0.16). Hal ini berarti bahwa pembelajaran daring efektif untuk mata kuliah teori, sementara untuk Mata kuliah praktikum kurang efektif dilakukan secara daring dan lebih efektif jika dibarengi perkuliahan dengan tatap muka.

COVID-19 spread rapidly around the world including Indonesia. This matter is impactful on various fields of comunnity life including the field of education, which resulted to government’s implementation of a policy of online learning on primary to further education. This study aims to analyze the effectiveness of the using of E-Learning in the process of online learning for the types of theoretical and practical courses by Geography Education Students during the COVID-19 pandemic. The method used in this study is a quantitative approach with survey as data collection and data analysis using the Multi Attribute Utility Theory (MAUT) method. The results of calculations using the Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) method on case studies of the effectiveness of online learning using E-Learning in the Geography Education Study Program, FKIP ULM resulted in a more objective choices with the assessment of the Theory course (0.32) as the highest assessment, followed by the Practicum course (0.16). This result means that online learning is effective for theoretical courses, while practicum courses are less effective and more effective when conducted with face-to-face learning

Full Text:

PDF

References


Angriani, P. (2011). Pengembangan Modul Mata Kuliah Pengembangan Media Pembelajaran Geografi pada Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNLAM Banjarmasin. DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Ardiansyah, I. (2013). Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO Declares Covid-19 a Pandemic. Acta Biomed, 91(1), 157–160.

Hikmat, Hermawan, E., Aldim, & Irwand. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online. UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19.

Huang, J. J., & Tseng, G. H. (2011). Multiple Attribute Decision Making, Methods and Applications. Boca Raton : CRC Press.

Isbaniah, F., Saputro, D. D., Sitompul, P. A., & et al. (2020). Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disesase (COVID-19). Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P). [email protected]; http://infeksiemerging.kemkes.go.id

Iswayuni, D., Adyatma, S., & Rahman, A. M. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Negeri 1 Kurau dan SMA Negeri 1 Bumi Makmur. JPG (Jurnal Pendidkan Geografi), Vol.6(No.2), 29–38.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, Vol. 10, No. 1, 41–48.

Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Menentukan Matakuliah yang Efektif Belajar Daring (Belajar dan Ujian) dengan Metode Multi-Attribute Utility Theory (MAUT). Vol. 4(No. 2), 370–376.

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Prodi Pendidikan Sosiologi, Vol. VIII(Issu 2), 224–231.

Mifrahi, M. N. (2019). Penerapan Blended Learning Berbasis Student Centered Learning Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomika Bagi Generasi Z. Refleksi Pembelajaran Inovatif, Vol. 1(No. 2). http://jurnal.uii.ac.id/RPI

Moemoehms. (2011). Pembelajaran yang Tidak Efektif Penyebab Prestasi Belajar Rendah. https://moemoehms.wordpress.com/2011/03/10/pembelajaran-yang-tidak-efektif-penyebab-prestasi-belajar-rendah/

Muhli, A. (2012). Efektivitas Pembelajaran [Wordpress, Jakarta]. http://eprints.radenfatah.ac.id/152/2/BAB%20II.pdf

Pranita, E. (2020). Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari. Kompas.Com. Diakses dalam https://www.kompas.com/sains/read/2020/

/11/130600623/ diumumkan -awal-maret-ahli--virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah: Buletin Hukum Dan Keadilan, 4 Nomor 1.

Pujipangastuti, T., Angriani, P., & Hastuti, K. P. (2015). Motivasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNLAM untuk Mengikuti Kegiatan Seminar Geografi. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi) FKIP Universitas Lambung Mangkurat, 2(2), 16–25.

Republik Indonesia. (2015). Peraturan menteri riset, teknologi dan pendidikan tinggi Republik Indonesia nomor 44 tahun 2015 tentang standar nasional pendidikan tinggi. Sekretariat Negara.

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi, 1(1). Diakses dalam http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/index

Rustaman, N. (2010). Peranan praktikum dalam pembelajaran IPA. UPI Bandung. http://file.upi.edu/Direktori/Sps/Prodi.Pendidikan Ipa/195012311979032.

Saadi, F. (2013). Peningkatan Efektivitas Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Media Tepat Guna di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Toho. Universitas Tanjung Pura.

Satria, E., Atina, N., Simbolon, M. E., & Windarto, A. P. (2018). SPK: Algoritma Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) Padadestinasi Tujuan Wisata Lokal di Kota Sidamanik. Vol. 3 No. 2, 168–172.

Suciati. (2020). Peningkatan Kreatifitas dan Inisiatif Guru Melalui Model Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, Vol. 5, No.1 Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19, 79–85.

Wahyuddin, & Nurcahaya. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (Eth) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Takalar. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1).

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. PGSD, FTIK, UNISNU Jepara, Vol. 8(Vol. 8, No. 2), 169–177.

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19) Situation Report – 47.Diakses dalam https://www.who.int/docs/defaultsource/coronaviruse/ situationreports/20200307-sitrep-47-covid-19.pdf?sfvrsn=27c364a4_2 (

Yuniastari S, N. L. A. K., & Wiyati, R. K. (2015). Pengukuran Tingkat Efektivitas Dan Efisiensi Sistem Eresearch STIKOM Bali. Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v7i2.10206

Article Metrics

Abstract view : 3431 times
PDF - 1906 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.