Proyeksi Jumlah Kebutuhan Sekolah di Kecamatan Banjarbaru Selatan Tahun 2030, 2040, dan 2050

Nadia Nabilla Ardhani, Sidharta Adyatma, Muhammad Muhaimin

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis proyeksi penduduk dan jumlah kebutuhan sekolah di Kecamatan Banjarbaru Selatan pada tahun 2030, 2040, dan 2050. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Penggunaan teknik perhitungan dalam penelitian ini adalah tekni proyeksi geometrik karena sesuai dengan kondisi wilayah. Adapun tahapan yang dilakukan dalam penelitian, yaitu mengumpulkan data sekunder yang berasal dari Kantor Kecamatan Banjarbaru Selatan, kemudian dilakukan perhitungan proyeksi jumlah penduduk. Hasil yang didapatkan pada tahun 2030 jumlah penduduk diperkirakan sebesar 45.644 jiwa, tahun 2040 diperkirakan berjumlah 47.445 jiwa, sedangkan tahun 2050 diperkirakan sebesar 49.488 jiwa. Tahapan selanjutnya adalah menghitung proyeksi jumlah sekolah yang datanya berasal dari jumlah proyeksi penduduk yang didapatkan. Jumlah proyeksi sekolah tahun 2030 pada tingkatan TK yaitu sebesar 38 sekolah, tingkatan SD sebesar 27 sekolah, tingkatan SMP sebesar 9 sekolah, dan tingkatan SMA sebesar 9 sekolah. Proyeksi jumlah sekolah tahun 2040 pada tingkatan TK sebesar 40 sekolah, tingkatan SD sebesar 28 sekolah, tingkatan SMP sebesar 9 sekolah dan tingkatan SMA sebesar 9 sekolah.Proyeksi jumlah sekolah tahun 2050 pada tingkatan TK sebesar 43 sekolah, tingkatan SD sebesar 31 sekolah, tingkatan SMP sebesar 10 sekolah dan tingkatan SMA sebesar 10 sekolah.


Full Text:

PDF

References


Bancin, R., & Ahyaningsih, F. (2016). Proyeksi Jumlah Penduduk dan Analisis Faktor pada Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk Kabupaten Dairi. 2(1), 80–87.

Damayanti, A., & Hidayat, F. (2010). Dinamika Penduduk dan Kebutuhan Air. Jurnal Geografi, 2(2), 49–70.

Marhaeni, A. A. I. N. (2018). Buku Pegangan Pengatar Kepenfufukan Jilid 1. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Munifah, L. (2006). Proyeksi Penduduk Kota Surakarta Berdasarkan Metode Langsung dan Metode Tidak Langsung. In Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Purnomo, N. H. (2019). Implementasi Teknik Proyeksi Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Iain Kediri Tahun 2018/2019 – 2027/2028. Edudeena, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.30762/ed.v3i1.1113

Puspita, R., Adyatma, S., & Arisanty, D. (2019). Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Guru SMA di Kecamatan Banjarmasin Utara. Jurnal Pendidikan Geografi, 6(1), 6–11.

Santosa, H., & Rahmawati, D. (2018). Proyeksi Siswa di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor. Jurnal IMProvement, 5(1), 46–55.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. ALFABETA, cv.

Yaqin, A. A., Putro, S., & Hardati, P. (2015). Penduduk Usia Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Tahun 2020 untuk Perencanaan Pembangunan Fasilitas Pendidikan di Kabupaten Demak. 3(3), 55–59.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v7i2.10211

Article Metrics

Abstract view : 585 times
PDF - 808 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

                  

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License